Fenomagz
Unleash the Wild Side

Bahaya Sering Menggunakan Tas Selempang

0

Tas selempang yang terlalu berat bisa menyebabkan cedera punggung serius

 

FENOMAGZ – Penggunan tas selempang oleh pria saat ini marak dilakukan, sebagian besar karena mengikuti trend. Namun para ahli sangat tidak merekomendasikan memakai tas selempang sehari-hari khususnya Fenomen yang sering membawa bawaan yang berat.

Tas selempang yang digunakan biasanya terbuat dari kulit yang lembut atau kanvas dengan satu tali, sehingga memungkinkan orang untuk menyelempangkan talinya di punggung.

Beberapa pria lebih senang menggunakan tas selempang yang berisi macam-macam barang. Tapi ahli medis menuturkan tas selempang yang berat bisa menyebabkan cedera punggung serius.

Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan oleh British Chiropractic Association menemukan pria terlalu banyak membawa barang-barang ‘penting’ dalam sebuah tas selempang, seperti laptop, ponsel, buku dan beberapa perlengkapan untuk berolahraga di pusat kebugaran. British Chiropractic Association memperkirakan berat rata-rata dari tas selempang yang digunakan pria ini mencapai 6,2 kilogram, terutama jika ia memasukkan laptop ke dalamnya.

“Tas selempang berat yang digunakannya sehari-hari bisa menyebabkan nyeri punggung dan bahu akibat stres yang berkepanjangan,” ujar Tim Hutchful dari British Chiropractic Association, seperti dikutip dari¬†Telegraph, Minggu (12/2/2017).

Penggunaan tas selempang yang terus menerus juga bisa memberatkan salah satu sisi bahu, dan jika kondisi ini dibiarkan saja maka akan berdampak terhadap perubahan postur tubuh.

Umumnya gejala awal yang muncul adalah rasa sakit, nyeri atau pegal di bahu serta punggung yang nantinya bisa menghambatan gerakan dan aktivitas. Jika sudah muncul keluhan tersebut sebaiknya hentikan penggunaan tas punggung.

Baca juga:   Beberapa tempat destinasi wisata yang jadi tempat ritual malam satu suro

Hutchful menuturkan seseorang harus cerdas saat memasukkan barang-barang kebutuhannya ke dalam tas selempang, hal ini untuk mengurangi terlalu banyaknya tekanan pada titik-titik tertentu di tubuh yang bisa memicu nyeri.

Jika memang harus membawa barang dalam jumlah banyak atau berat, sebaiknya gunakan tas lain sebagai tambahan yang bisa dijinjing. Dan jika ingin membawa laptop gunakan tas ransel dengan tali lebar yang memang dirancang untuk laptop. (fmz/pm)

Comments
Loading...