Pakaian yang Harus Anda Sesuaikan Dengan Wawancara Pekerjaan

Kesalahan kecil seperti dalam hal bahasa tubuh atau pun pakaian, bisa membuat anda kehilangan kesempatan diterima oleh perusahaan

 

FENOMAGZ – Wawancara kerja merupakan kegiatan yang selalu berhasil membuat gugup para pemalar kerja yang akan melewati tahap ini. Ada banyak sekali factor yang membuat para pelamar merasa seperti itu. Salah satunya adalah karena wawancara kerja merupakan tahap terakhir yang sangat dipertimbangkan oleh perusahaan untuk merekrut seorang calon karyawan.

Kesalahan kecil seperti dalam hal bahasa tubuh atau pun pakaian, bisa membuat anda kehilangan kesempatan diterima oleh perusahaan. Untuk itu, persiapan anda harus matang terutama soal pakaian sesuai wawancara kerja karena banyak dari pelamar yang justru tidak memperhatikan hal ini.

Berikut beberapa yang harus anda perhatikan agar pakaian sesuai wawancara kerja:

Cari tahu soal perusahaan yang akan anda lamar

pakaian wawancara

Ada sebagai perusahaann yang menentukan baju untuk wawancara kerja, tapi tidak sedikit perusahaan yang membebaskan pelamar memilih sendiri pakaian yang tepat untuk tampil saat wawancara kerja. Namun yang pasti, wawancara kerja di perusahaan perbankan dan di banding kreatif jelas berbeda. Perusahan di banding yang sama pun terkadang mempunyai standard tersendiri soal pakaian.

Tampil lebih konservatif

Tempil lebih konservatif

Apabila anda masih ragu dalam memilih pakaian apa yang paling pas untuk sesi wawancara kerja nanti pilih saja model pakaian kantor tradisional yang terlihat lebih resmi, seperti jas, blazer, kemeja formal, celana kain, dan sebagainya. Mungkin tampil tersebut membuat anda terkesan membosankan. Tapi ini tidak akan terjadi apabila anda bisa memadupadankan warna di luar hitam, seperti biru tua yang dapat memberikan kesan bahwa anda bisa dipercaya. Tidak hanya itu, anda pun jangan pernah ragu untuk menambahkan sepotong aksesoris simple yang lebih elegan seperti misalnya jam tangan dengan begitu, anda bisa tampil formal tanpa ada kesan membosankan dari tampilan anda.

Terlihat rapih dan nyaman

pakaian pria untuk bekerja

Apapun pakaian yang anda tidak akan tampak menarik apabila anda tidak merasa nyaman dengan pakaian yang anda kenakan. Misalnya kesulitan bernafas karena kerah terlalu mencekik, atau terlalu sering menarik celana karna terlalu sempit, longgar ataupun potongannya kurang pas dengan tubuh anda. Ketidak nyamanan anda justru membuat pewawancara meragukan kemampuan anda. (fmz/pz)

Comments
Loading...