Fenomagz
Unleash the Wild Side

10 Makanan Korea Yang Wajib Fenomen Coba (1)

0

Untuk Anda yang ngefans dengan kebudayaan Korea, atau ingin pergi liburan ke Korea, penting untuk mengetahui makanan Korea apa saja yang wajib dicoba

 

FENOMAGZ – Fenomen suka dengan kebudayaan Korea? Tak hanya musik, boyband, atau dramanya saja yang mendunia, namun kuliner Korea belakangan ini juga mendunia, termasuk di Indonesia.

Untuk Anda yang ngefans dengan kebudayaan Korea, atau ingin pergi liburan ke Korea, penting bagi Anda untuk mengetahui makanan Korea apa saja yang wajib Anda coba. Dilansir dari beberapa sumber, berikut adalah 10 makanan Korea yang wajib Anda cicipi.

  1. Mugeunji

10 Makanan Korea Yang Wajib Fenomen Coba (1)

Pastinya Anda tahu bukan dengan makanan Korea yang belakangan ini sedang populer? Ya, kimchi, kimchi adalah fermentasi sawi putih dan lobak yang dibubuhi bumbu cabai.

Sajian bernutrisi ini biasa difermentasi selama 6 bulan, namun ada juga kimchi yang difermentasi selama bertahun-tahun, yaitu mugeunji.

Berbeda dengan kimchi, mugeunji bertektsur renyah sepeti acar mentimun dengan rasa fermentasi kuat dan kurang asam.

  1. Dak galbi

10 Makanan Korea Yang Wajib Fenomen Coba (1)

Dak galbi adalah sajian ayam tumis yang berasal dari kota Chuncheon. Ayam tersebut dimasak bersama dengan kubis, rice cake, bawang bombay, daun bawang cincang kasar, juga ubi jalar. Lalu ditambahkan saus manis pedas, bubuk cabai, dan juga kunyit.

Semua hidangan tersebut diaduk dan dimasak langsung dalam sebuah hot plate bundar yang berada di meja, seperti shabu-shabu.

  1. Kalguksu

10 Makanan Korea Yang Wajib Fenomen Coba (1)

Dalam bahasa Korea, guksu berarti masakan mie dan kal yang berarti pisau. Jadi, kalguksu adalah mie soba licin yang dipotong-potong dengan pisau. Di Korea banyak terdapat jenis kalguksu, di daerah pertanian biasanya kaldu mie berasal dari ayam lengkap dengan suwiran ayam di atasnya.

Baca juga:   Cara yang Harus Dilakukan Dekat Tapi Berkomitmen

Sedang di pegungungan kaldu terbuat dari ikan teri. Namun, yang paling banyak digunakan adalah kaldu daging.

  1. Seonji gukbap

10 Makanan Korea Yang Wajib Fenomen Coba (1)

Dalam bahasa Korea, gukbap berarti sup dengan nasi. Biasannya sajian ini  dijadikan sebagai menu sarapan untuk menghilangkan hangover. Sedangkan seonji sendiri adalah gumpalan darah sapi.

Jadi, seonji gukbap adalah sup kaldu sapi dengan nasi, cincangan bawang, bubuk cabai ditambah darah sapi hitam kental. Sajian tersebut memiliki rasa yang sedikit manis.

5. Kkomjangeo
10 Makanan Korea Yang Wajib Fenomen Coba (1) Kkomjangeo adalah hidangan khas dari Busan. Kkoemjangeo adalah hagfish bakar (ikan pemakai bangkai). Hagfish akan dimasak hidup-hidup dan mengejang keras diatas panggangan sebelum jadi santapan lezat yang dapat Anda nikmati di seluruh kedai di Busan, Korea.

Orang Korea mengenal hidangan ini saat masa penjajahan Jepang pada 1910. Orang Jepang hanya menggunakan kulit hagfish untuk membuat sepatu dan membuang dagingnya. Lalu, penduduk Busan pun mengumpulkan daging ikan tersebut dan membumbuinya, dan jadilah kkeomjangeo.

Comments
Loading...