3 Kombinasi Makanan yang Dapat Membuat perut kembung

Berikut ini 3 kombinasi makanan yang sebaiknya dihindari karena bisa menyebabkan perut kembung

FENOMAGZ – Pernah merasa perut kembung, sebah, dan tak nyaman? Tentu setiap orang pernah mengalaminya. Terkadang orang dengan mudah berpikir bahwa hal tersebut disebabkan oleh masuk angin atau lainnya. Padahal kembung tak berarti hanya karena masuk angin, tapi juga bisa disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi.

Baca juga: 6 Makanan Yang Siap Singkirkan Bau Mulut Yang Memalukan

Berikut ini 3 kombinasi makanan yang sebaiknya dihindari karena bisa menyebabkan perut kembung:

Protein dan zat tepung

Ketika Anda mengonsumsi protein dan makanan yang banyak mengandung zat tepung secara bersamaan, kedua zat tersebut akan menetralisir satu sama lain sehingga tubuh tak bisa mencernanya dengan efektif.

Zat tepung membutuhkan suasana alkaline untuk dicerna, sementara protein membutuhkan suasana asam untuk bisa dicerna. Ketika kedua zat tersebut bersatu maka suasana dalam perut yang netral tak akan bisa mencerna keduanya dengan efektif. Akibatnya perut akan menjadi kembung. Sebaiknya tunggu hingga dua jam setelah mengonsumsi zat tepung lalu konsumsi protein, atau konsumsi zat tepung tiga jam setelah mengonsumsi protein.

Jenis protein berbeda

Jangan gabungkan dua jenis protein dalam satu makanan, misalkan kacang dengan daging, daging dengan telur, dan lainnya. Jenis protein yang berbeda membutuhkan enzim pencernaan yang berbeda. Ketika enzim pencernaan yang berbeda tercampur dalam organ pencernaan, ini akan menurunkan efektivitas pencernaan karena merusak suasana ideal pada perut. Khusus untuk susu, sebaiknya dikonsumsi sendirian dan jangan dikombinasikan dengan apapun.

Buah asam atau manis dengan makanan lain

Buah yang asam adalah jenis makanan yang sangat cepat dicerna hingga satu jam. Jika dicampur dengan makanan lain, buah yang asam akan memperlambat pencernaan dan menyebabkan buah terfermentasi dalam perut. Hal ini akan memicu rasa kembung dan tak nyaman. Beberapa jenis buah seperti semangka, blewah, dan melon harus dikonsumsi sendiri dan sebaiknya tak dikombinasikan dengan makanan lain. (fmz/bb)

Comments
Loading...