Fenomagz
Unleash the Wild Side

5 Asupan Yang Baik Untuk Menghindari Pilek

0

Penting bagi Fenomen untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap optimal di musim pancaroba ini agar terhindar dari flu

 

Asupan baik utnuk hindari flu

 

FENOMAGZ – Cuaca yang tak menentu seperti sekarang ini banyak menimbulkan banyak penyakit, antara lain batuk, flu, radang tenggorokan, dan lain-lain. Ketika daya tahan tubuh Fenomen sedang tidak bagus dan suhu udara berubah menjadi dingin, bukan tidak mungkin Anda akan terserang pilek.

Oleh karena itu, penting bagi Fenomen untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap optimal di musim pancaroba ini agar terhindar dari pilek. Salah satu caranya adalah  dengan berolahraga dan menjaga asupan makanan.

Dikutip dari berbagai sumber, setidaknya ada lima makanan yang baik dikonsumsi untuk menghindari pilek.

  1. Ikan berlemak

ikan salmon

Ikan yang kaya akan lemak omega-3 memiliki peran penting untuk menjaga daya tahan tubuh. Omega-3 sulit untuk ditemukan dalam sumber makanan lain sehingga ikan seperti tuna, salmon, sarden, dan teri bisa jadi pilihan yang baik untuk menghindari pilek.

Selain mengandung omega-3, ikan-ikan tersebut juga memiliki protein, vitamin B-6, dan zat besi yang juga tak kalah penting untuk kesehatan secara keseluruhan.

  1. Susu fortifikasi

susu

Susu fortifikasi adalah produk susu yang telah diberi nutrisi tambahan di dalamnya, seperti vitamin D atau zinc. Studi terbaru yang dipublikasi di jurnal Antiviral Research melihat bahwa sel pelindung saluran pernapasan bernama bronchial epithelial efektivitasnya dapat meningkat dengan bantuan vitamin D.

Vitamin D diproduksi secara alami oleh tubuh lewat bantuan sinar matahari. Namun kebanyakan orang alami defisit karena kurang aktivitas fisik di luar ruangan.

Baca juga:   Fashion yang Bisa Mengancam Kesehatan Anda
  1. Buah sitrus

buah jeruk

Buah-buahan sitrus seperti jeruk kaya akan vitamin C berfungsi sebagai antioksidan. Ketika seseorang terserang pilek atau flu, vitamin C memang tidak bisa menyembuhkan secara langsung. Akan tetapi, vitamin ini dapat membantu agar proses pemulihan cepat.

Bagi yang belum terserang flu atau pilek, konsumsilah vitamin C untuk menghindari pilek.

  1. Sayur-sayuran

sayur-sayuran hijau

Sayur-sayuran seperti wortel atau daun-daunan hijau juga memiliki antioksidan bernama betakaroten yang bisa memiliki efek serupa seperti antioksidan lainnya. Untuk melawan pilek lebih efektif, Fenomen bisa mengkreasikan sayur-sayuran di dalam sup hangat.

  1. Madu

madu

Sejak ribuan tahun lalu, madu sudah banyak digunakan sebagai obat. Hingga kini pun ilmu medis mengakui bahwa madu menyimpan potensi untuk melawan mikroba penyebab penyakit. Jika Fenomen tidak suka mengonsumsi madu secara langsung, Anda bisa menyampurkan madu dalam campuran air hangat seperti misalnya saja dengan teh. (fmz/pm)

Comments
Loading...