advertisement

Konsumsi Asupan Ini Jika Ingin Memperkuat Gigi

judi

Kedisiplinan dalam merawat kebersihan mulut merupakan kunci untuk menghindari masalah timbulnya karang gigi, karies, hingga gingivitis

 

FENOMAGZ – Setiap orang wajib memelihara kesehatan gigi dan kebersihan mulut dengan rutin agar gigi bisa kuat dan sehat hingga hari tua nanti. Kedisiplinan dalam merawat kebersihan mulut merupakan kunci untuk menghindari masalah timbulnya karang gigi, karies, hingga gingivitis.

Selain menjaga kebersihan mulu, ada juga hal yang perlu Anda lakukan agar gigi semakin kuat, yaitu dengan mengonsumsi sumber makanan atau minuman tertentu.

Lalu, minuman dan makanan apa saja yang harus Anda konsumsi agar gigi semakin kuat? Berikut uraiannya.

  1. Susu

Konsumsi Asupan Ini Jika Ingin Memperkuat Gigi

Fenomen, mengonsumsi susu ternyata tidak hanya menguatkan tulang lho, tapi juga bisa memperkuat gigi. Mengonsumsi susu dapat meningkatkan kadar pH dalam mulut yang biasanya hilang ketika seseorang mengonsumsi makanan atau minuman bergula tinggi. Kondisi mulut yang asam tidak baik untuk gigi karena dapat mengikis lapisan keras pelindungnya.

Setelah minum susu, ada baiknya Anda segera menggosok gigi agar susu yang tersisa tidak berubah menjadi asam di mulut.

  1. Teh hijau

Konsumsi Asupan Ini Jika Ingin Memperkuat Gigi

Peneliti menemukan bahwa teh hijau ternyata mampu mengontrol bakteri dan menurunkan risiko gigi berlubang karena mengurangi keasaman air liur. Komponen anti inflamasinya juga dapat membantu mengontrol penyakit gusi dan gigi serta lawan kerusakan sel.

Agar semua manfaat tersebut dapat diperoleh secara maksimal, ada baiknya Anda mengonsumsi teh tanpa tambahan pemanis, susu, atau krim.

  1. Keju

Konsumsi Asupan Ini Jika Ingin Memperkuat Gigi

Sebuah studi mengatakan bahwa keju dapat mengendalikan tingkat keasaman plak di mulut. Prinsipnya hampir sama seperti yang telah dijelaskan bila seseorang minum susu, hanya saja keju diketahui bisa lebih tinggi meningkatkan pH.

Selain bagus untuk menjaga kekuatan gigi, keju juga bagus untuk menjaga kekuatan tulang lho Fenomen.

  1. Apel

Konsumsi Asupan Ini Jika Ingin Memperkuat Gigi

Mengonsumsi buah apel secara rutin ternyata dapat membantu menjaga kekokohan gigi. Meski apel bersifat asam dan mengandung gula yang tinggi, ketika seseorang mengonsumsinya maka akan memicu produksi air liur.

Ekstra air liur tersebut akan memberikan efek perlindungan pada gigi dan menekan pertumbuhan bakteri dalam mulut.

  1. Air putih

Konsumsi Asupan Ini Jika Ingin Memperkuat Gigi

Tahukah Fenomen bahwa minum air putih bisa menjaga kesehatan mulut dan gigi? Mungkin kedengarannya sederhana, namun air putih bisa dengan cepat mengembalikan kondisi lingkungan mulut ke normal terutama setelah mengonsumsi makanan.

Yang paling penting dan baik adalah berkumurlah dengan air putih setiap sehabis makan atau ngemil. (fmz/pm)

Comments
Loading...