Fenomagz
Unleash the Wild Side

Banyak Mengonsumsi Nori Dapat Tingkatkan Resiko Kanker

0

Meski enak, terlalu banyak mengonsumsi nori berbahaya bagi kesehatan tubuh

 

FENOMAGZ – Siapa yang tidak kenal dengan nori. Nori adalah salah satu makanan khas Jepang yang berasal dari rumput laut yang diolah dengan proses pengeringan dan menggunakan bumbu-bumbu tertentu.

Di Jepang, nori menjadi makanan pokok sehari-hari sebagai pendamping makanan sushi. Hal tersebut karena nori bisa menjadi sumber nutrisi dan vitamin yang sangat berguna bagi tubuh.

Di Indonesia sendiri, nori juga populer dan dikenal karena rasanya yang gurih dan renyah. Bahkan kini, banyak perusahaan yang memanfaatkan nori untuk dibuat menjadi snack yang praktis dan dapat dikonsumsi kapan dan dimana saja.

Namun tahukah Fenomen, jika dikonsumsi terlalu sering, nori bisa memicu kanker.
Peneltian tersebut dilakukan di Jepang selama 14 tahun dan melibatkan 53.000 perempuan Jepang berusia 40-69 tahun. Selama penelitian tersebut, 134 partisipan mengalami kanker tiroid termasuk 113 orang yang tekena bentuk paling umum dari penyakit ini yaitu papillary carcinoma.

Ketika dibandingkan dengan kebiasaan makan rumput laut, para peneliti menemukan adanya hubungan dengan risiko terkena kanker tiroid. Perempuan yang mengonsumsi makanan ini setiap hari memiliki risiko kanker tiroid 1,7 kali lebih besar dibanding yang hanya makan rumput laut 2 kali seminggu.

Risikonya semakin meningkat apabila perempuan itu sudah memasuki usia menopause. Mengonsumsi rumput laut setiap hari pada perempuan yang sudah menopause meningkatkan risiko kanker tiroid sebesar 3,8 kali lipat dibandingkan perempuan di usia subur subur.

Baca juga:   Cara Merawat Wajah Pria Dengan Bahan Alami

“Konsumsi rumput laut setiap hari jelas berhubungan dengan peningkatan risiko papillary carcinoma,” tulis para peneliti dari National Cancer Center dan National Institute for Environmental Studies dalam kesimpulannya, seperti dikutip dari NYDailynews, Senin (13/2/2017).

Belum diketahui pasti apa yang memicu peningkatan risiko kanker tiroid pada para partisipan yang rutin mengonsumsi rumput laut. Namun para ahli menduga, peningkatan ini berhubungan dengan kandungan iodine yang terdapat pada berbagai spesies rumput laut.

Penelitian ini juga tidak mengungkap seberapa banyak rumput laut yang dikonsumsi, melainkan hanya frekuensinya. Namun secara kultural perempuan Jepang memang dikenal memiliki kebiasaan makan rumput laut secara rutin dan bahkan cenderung berlebihan. (fmz/pm)

Comments
Loading...