advertisement

Benarkah Makanan Kaya Likopen Baik untuk Kesuburuan Pria?

berikut ini penjelasan makanan yang mengandung likopen

judi

FENOMAGZ – Dalam beberapa waktu terakhir banyak dari para peniliti sedang berlomba-lomba untuk menemukan berbagai macam penangkal radikal bebas dari sejumlah besar bahan makanan pun di teliti sehingga berhasil di dapatkan beberapa zat yang berpotensi sebagai antioksidan.

Baca juga: Bercinta Sebelum Olahraga? Baik Atau Tidak?

Salah satu kandung yang banyak di teliti oleh para peneliti adalah zat likopen. Zat yang satu ini merupakan salah satu pembentuk dari karotenoid, yang dikenal sebagai pigmen pemberi warna cerah pada sayur maupun pada buah.

Setelah berada di dalam pencernaan, tubuh akan menyerap 20–30 persen dari total likopen yang masuk, kemudian disebar ke beberapa bagian tubuh. Salah satu bagian yang paling banyak mendapat jatah likopen adalah testis, tempat di mana sperma diproduksi. Likopen akan bereaksi dengan oksidan-oksidan bebas karena potensinya yang terbilang kuat dan sifatnya yang lebih stabil. Selain itu, peneliti juga menemukan bahwa zat ini dapat meningkatkan sistem imun manusia.

Likopen merupakan senyawa yang hanya diproduksi oleh tumbuh-tumbuhan. Artinya, manusia harus mendapatkan likopen dari luar tubuh karena badan seseorang tidak memproduksinya. Zat ini terbilang murah dan mudah untuk didapat karena banyak terkandung dalam beberapa jenis makanan yang sehari-hari kita temui. Likopen banyak terdapat pada sayur-sayuran dan buah-buahan berwarna cerah, antara lain:

  • Tomat
  • Semangka
  • Jambu biji
  • Pepaya
  • Aprikot

Akan tetapi, Anda tidak bisa semata-mata hanya mengandalkan asupan likopen saja untuk menjaga kesehatan sistem reproduksi. Diperlukan juga hal-hal lain guna mengurangi risiko terbentuknya radikal bebas, antara lain gaya hidup sehat, olahraga dan istirahat yang cukup, serta mengelola stres. (fmz/bb)

Comments
Loading...