Fenomagz
Unleash the Wild Side

Anda Penderita Diabetes? Ini 8 Jenis Buah Yang Aman Anda Konsumsi (1)

0

Tak hanya harus minum obat dan rajin berolahraga saja, pasien penderita diabetes juga diharuskan menjaga pola makannya dengan benar

 

Tentunya Fenomen tahu bukan bahwa diabetes adalah penyakit yang tidak bisa sembuh dan membutuhkan perawatan seumur hidup? Pengobatan dan perawatan untuk pasien diabetes tidaklah murah, belum lagi jika sampai terjadi komplikasi yang bisa berakibat fatal, seperti penyakit jantung atau stroke. Tentunya besaran biaya yang harus dikeluarkan juga semakin bertambah beberapa kali lipat.

Tak hanya harus minum obat dan rajin berolahraga saja, seseorang yang didiagnosis memiliki penyakit diabetes juga diharuskan untuk menjaga pola makannya dengan benar. Pasalnya tidak semua makanan aman dikonsumsi, seperti makanan manis, makanan berkalori tinggi, makanan berlemak, hingga buah-buahan. Ya, meskipun menyehatkan, ternyata tidak semua jenis buah aman dikonsumsi oleh pasien diabetes lho. Lalu apa saja buah yang aman dan tepat dikonsumsi oleh penderita diabetes? Ini dia daftarnya.

  1. Stroberi

Anda Penderita Diabetes? Ini 8 Jenis Buah Yang Aman Anda Konsumsi (1)

Buah yang mengandung 92 persen kadar air ini kaya akan vitamin, antioksidan, dan serat yang dapat mengontrol diabetes. Tak hanya itu, buah stroberi memiliki indeks glikemik sebesar 40 dan juga rendah karbohidrat.

Agar tubuh tetap energik dan kadar gula lebih seimbang, Anda bisa mencampurkan buah stroberi ke dalam sajian makanan atau minuman. Anda dapat mengonsumsi sekitar 3/4 cangkir stroberi setiap hari.

  1. Jeruk

Anda Penderita Diabetes? Ini 8 Jenis Buah Yang Aman Anda Konsumsi (1)

Siapa yang tidak suka dengan buah jeruk? Buah jeruk merupakan salah satu buah yang baik dikonsumsi untuk pasien diabetes. Pasalnya buah jeruk mengandung serat, rendah gula, vitamin C, dan thiamin yang mampu membantu menjaga kadar gula darah tetap terkontrol. Selain itu, pada jeruk juga terkandung kadar air sebesar 87 persen.

Baca juga:   Trik Agar Tidak Kehabisan Bernapas saat Berlari

Bagi penderita diabetes, Anda bisa mengonsumsi jeruk setiap hari. Tak harus dimakan secara langsung, Anda bisa mencampurkan air jeruk ke dalam salad buah ataupun sayuran.

  1. Ceri

Anda Penderita Diabetes? Ini 8 Jenis Buah Yang Aman Anda Konsumsi (1)

Ceri merupakan salah satu buah-buahan yang rendah indeks glikemiks. Buah berbentuk bulat kecil ini mengandung vitamin C, antioksidan, zat besi, betakaroten, kalium, folat, serat, serta magnesium.

Tak hanya itu, buah ceri juga mengandung anthocyanin yang diyakini mampu menurunkan kadar gula darah dengan meningkatkan insulin sebesar 50 persen.

  1. Semangka

Anda Penderita Diabetes? Ini 8 Jenis Buah Yang Aman Anda Konsumsi (1)

Semangka tinggi akan betakaroten, vitamin B, vitamin C, lycopene, dan potasium. Pada semangka terkandung 92 persen kadar air, sehingga bisa mencegah dehidrasi

Bagi penderita diabetes, ada baiknya olahlah semangka dalam keadaan segar dan jangan dibuat menjadi jus atau smoothies yang ditambahkan dengan banyak gula. (fmz/pm)

Comments
Loading...