Fenomagz
Unleash the Wild Side

Ini Cara Agar Racikan Kopi Jadi Lebih Menyehatkan

Setiap orang dianjurkan untuk membatasi konsumsi kopi maksimal 4 cangkir sehari

Ini Cara Agar Racikan Kopi Jadi Lebih Menyehatkan

FENOMAGZ – Fenomen suka minum kopi? Setiap orang mempunyai racikan kopi favorit. Ada yang suka jika rasa kopinya manis, ada yang suka creamy, ada juga yang suka kental pekat.

Setiap orang dianjurkan untuk membatasi konsumsi kopi maksimal 4 cangkir sehari. Jika berlebihan, tentunya akan menimbulkan beragam efek bagi kesehatan.

Agar asupan kopi jadi lebih menyehatkan, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Apa saja cara-cara tersebut? Berikut uraiannya.

  1. Kurangi gula

Seperti yang banyak orang ketahui, gula adalah jodohnya kopi. Akan tetapi perlu Anda ketahui bahwa menambahkan gula pada kopi akan memberikan tambahan kalori. Dan parahnya, jika Anda terlalu banyak menambahkan gula maka kadar gula dalam darah akan naik dan memicu diabetes.

Oleh karena itu, ada baiknya Anda mengurangi setengah bagian asupan gula agar Anda bisa menikmati keunikan cita rasa biji kopi yang Anda seduh. Atau Anda bisa juga memilih biji kopi dengan rasa manis sehingga tak perlu menambahkan gula lagi.

  1. Krim

Krim segar dan krimer memang sering ditambahkan pada secangkir kopi untuk memberi rasa lembut dan gurih. Namun perlu Anda ketahui bahwa tambahan 2 sdm heavy cream akan memberi asupan tambahan 100 kalori setiap cangkir kopi.

Asupan tersebut tentunya akan semakin banyak jika Anda minum lebih dari 1 cangkir kopi dengan krim dalam sehari. Sebenarnya, rasa pahit nutty merupakan ciri khas kopi. Maka ada baiknya pilihlah biji kopi yang ‘light roasted’ atau menggunakan susu tanpa lemak sebagai pengganti krim. Anda juga bisa membuat racikan cafe latte atau coffee blended.

  1. Pilih kopi ‘light roasted’

Mungkin Anda terbiasa minum kopi yang hitam pekat yang dibuat dari biji kopi ‘dark roasted’. Sesekali cobalah ganti jenis kopi Anda dengan kopi ‘light roasted’ yang lebih tinggi kadar polyphenol-nya.

  1. Pilih biji kopi berkualitas

Tak ada yang lebih berkualitas dan segar atau baru dari kopi lokal. Indonesia memiliki banyak jenis kopi lokal yang bagus kualitasnya, seperti kopi Bali, Kalosi, Toraja, Jawa hingga Papua.

Belilah kopi lokal dalam jumlah secukupnya dan mintalah digiling sesuai dengan seduhan kopi yang biasa Anda buat. Kopi tubruk atau dengan mesin.

Simpanlah dalam wadah kedap udara, jangan simpan di dalam kulkas. Taruhlah di tempat sejuk yang bebas sinar matahari.

  1. Giling kopi dengan benar

Tingkat kehalusan kopi giling akan mempengaruhi kandungan polyphenol dan rasa kopi. Jika digiling terlalu halus, kopi akan jadi pekat dan pahit. Selain itu kandungan polyhenol-nya juga akan berkurang.

Sebaiknya gilinglah kopi dengan tingkat kehalusan sedang. Jika Anda tidak bisa menggiling sendiri, mintalah pada toko kopi tempat Anda membeli biji kopi.

  1. Cuci selalu alat penyeduh kopi

Seperti peralatan masak, untuk menjaga kebersihan, sebaiknya cucilah selalu alat seduh kopi yang Anda pakai setiap hari.

Larutkan cuka dalam air panas, bilas alat seduh dengan larutan ini dan tiriskan hingga kering. Selain kebersihan alat penyeduh akan selalu terjaga, kopi yang Anda seduh juga akan lebih segar aromanya. (fmz/pm)

Comments
Loading...