Fenomagz
Unleash the Wild Side

Yuk, Ketahui Beberapa Fakta Tentang Kuning Telur

Tak hanya protein, banyak vitamin lain yang terkandung dalam satu butir telur

fakta tentang kuning telur

FENOMAGZ – Fenomen, apakah Anda suka telur? Telur merupakan makanan sehat dan bergizi. Karena kandungan proteinnya yang tinggi, telur sangat popular di kalangan masyarakat. Tak hanya protein, banyak vitamin lain yang terkandung dalam satu butir telur, diantaranya vitamin B2, vitamin B12, vitamin A, vitamin D, dan vitamin E.

Seperti yang Fenomen ketahui, telur terdiri dari dua bagian, yaitu putih telur dan kuning telur. Selama ini mungkin sebagian dari Anda menganggap bahwa kuning telur mengandung kolesterol yang tinggi. Namun apakah benar?

Berikut adalah sejumlah fakta tentang kuning telur yang harus Fenomen ketahui.

  1. Menghindari kuning telur tak efektif turunkan bobot

Biasanya, beberapa orang yang sedang menjalani diet berupaya menyingkirkan kuning telur untuk menurunkan bobot. Nyatanya menurut studi, mengonsumsi telur seutuhnya termasuk kuning telurnya, justru lebih tepat untuk menurunkan berat badan.

Mengonsumsi telur secara keseluruhan juga ditengarai dapat meningkatkan kolestrol baik dalam darah. Selain itu, Fenomen juga akan mendapatkan semua jenis nutrisi yang dimiliki oleh sebutir telur.

Perlu Fenomen ketahui juga, kuning telur mengandung protein, vitamin B12, zat besi, dan vitamin D yang bisa membuat perut kenyang lebih lama.

  1. Kuning telur dan kolesterol

Salah satu alas an seseorang menyisihkan kuning telur saat makan adalah karena khawatir akan meningkatkan kolestrol dan membahayakan kesehatan jantung. Namun benarkah demikian?

Baca juga:   Mana Yang Lebih Sehat, Mie Atau Nasi?

Berdasarkan penelitian, kadar kolesterol yang meningkat saat mengonsumsi telur adalah HDL (High Desity Lipoprotein) alias kolestrol baik. HDL merupakan protein dalam plasma darah yang mampu memperbaiki kerusakan dan mengurangi kolesterol dari tubuh.

Jika Fenomen tidak mempunyai masalah dengan jantung, mengonsumsi kuning telur bukanlah suatu masalah. Karena itu Fenomen disarankan untuk tetap mengonsumsi kuning telur dengan putih telurnya.

Sementara bagi Fenomen yang memiliki masalah dengan kardiovaskular, sebaiknya Anda membatasi atau menghindari konsumsi kuning telur, karena rata-rata satu butir telur mengandung 186 mg kolesterol atau 62 persen dari kebutuhan yang direkomendasikan.

Konsumsilah telur maksimal dua butir kuning telur dalam seminggu.

  1. Kuning telur bisa memperkuat otak

Kuning telur mengandung lutein. Menurut studi, lutein bisa membantu mempertahankan tingkat kecerdasan dan memiliki efek perlindungan pada daerah yang bertanggung jawab atas memori seseorang.

Menurut ilmuan, lutein memainkan peran anti-inflamasi atau alat bantu dalam persinyalan sel-sel. Studi lainnya membuktikan bahwa lutein juga bis amembantu menangkal hilangnya fungsi penglihatan dan menjaga elestisitas kulit.

  1. Anti inflamasi (peradangan)

Kuning telur mengandung kolin yang merupakan zat anti inflamasi. Hal ini berarti orang yang memiliki rasa sakit atau penyakit inflamasi seperti osteoporosis atau arthritis, dapat mengonsumsi kuning telur untuk mengurangi rasa sakit.

Kolin pada kuning telur bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan otak dan mencegah Alzheimer. Selain itu, kuning telur memiliki kandungan vitamin K yang tinggi. Vitamin K sangat dibutuhkan untuk kekuatan dan kepadatan tulang serta membantu mencegah osteoporosis. (fmz/pm)

Comments
Loading...