Fenomagz
Unleash the Wild Side

Hindari Makanan Ini Agar Tidak Ngantuk Saat Berbuka

Kondisi tersebut sebetulnya proses pengembalian energi yang hilang selama anda berpuasa

0

 

FENOMAGZ – Lahap mungkin bisa menggambarkan pola makan anda setelah bedug magrib berkumandang. Ya, momen berbuka menjadi momen yang paling ditunggu di ramadan. Satu meja makan bersama dengan keluarga jadi nilai tambahan nya.

Karena perasaan lapar, biasanya anda mengabaikan nafsu makan yang sebetulnya tidak begitu besar, sebab, selepas anda mengkonsumsi makanan pembuka yang manis, tubuh kadang cepat kenyang. Kondisi tersebut sebetulnya proses pengembalian energi yang hilang selama anda berpuasa.

Berikut ada beberapa faktor penyebabnya anda merasa ngantuk atau letih setelah makan.

Karbohidrat

Padi (pasta, nasi, roti, keripik kentang, tepung tortilla) gula atau makanan tinggi gula (cookies, permen, dan kue) memiliki dampak yang besar terhadap penuhnya perut daripada protein dan lemak sehat.

Bila anda mengkonsumsi karbohidrat, anda mudah merasa kurang berenergi, lemah, dan lelah. Anda masih harus mengkonsumsi karbohidrat kompleks untuk banyak manfaat kesehatan seperti serat tinggi, vitamin dan mineral yang terkandung dalam makanan. Namun, saat memilih makanan berlemak usahakan untuk memilih gandum utuh, gandum, oat atau jagung.

Makanan tinggi sodium

Makanan yang tinggi garam meningkatkan retensi air dalam tubuh, sehingga memberi anda perasaan yang berat dan letih. Sodium adalah elektrolit di tubuh yang menarik air. Terlalu banyak sodium dalam tubuh akan menyebabkan kelebihan air di tubuh anda.

Sodium bisa menimbulkan perasaan lelah atau lemah karena kelebihan berat air. Jangan khawatir, dengan mengkonsumsi makanan alami, anda mendapatkan asupan garam alami yang cukup untuk tubuh pengurangan garam juga baik untuk menormal kan tekanan darah.

Baca juga:   Manfaatnya Matikan Lampu Saat Tidur Demi Kesehatan Anda

Makanan berkarbonasi

Minuman berkarbonasi dan permen karet menyebabkan perut anda menahan banyak udara, yang juga bisa memberi anda perasaan lelah. Ketika perut anda merasa sangat penuh, itu berarti ada tekanan di diafragma anda.

Anda membutuhkan lebih banyak oksigen untuk mencerna makanan yang lebih besar. Minuman berkarbonasi juga mengandung karbondioksida terlarut yang membantu meningkatkan karbondioksida di tubuh anda setelah di konsumsi.

Makan sedikit saat berbuka harus anda lakukan agar menghindari perut yang terlalu kenyang. Mulai membatasi mengkonsumsi protein tanpa lemak seperti dada ayam, lemak sehat seperti kacang-kacangan, dan karbohidrat kompleks seperti sayuran non tepung perlu dilakukan. Penting, jauhi gula, garam, minuman berkarbonasi, dan permen karet. (fmz/pz)

Comments
Loading...