Fenomagz
Unleash the Wild Side

Ini 7 Makanan Terbaik Untuk Mengatasi Hipertensi

Hipertensi bisa disebabkan oleh berbagai faktor salah satunya adalah asupan makanan

 

FENOMAGZ – Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang muncul secara diam-diam. Tanpa mengukur tekanan darah, sulit untuk mengetahui apakah seseorang terkena hipertensi.

Hipertensi bisa disebabkan oleh berbagai faktor salah satunya adalah asupan makanan. Penting bagi seorang penderita hipertensi menjaga asupan makanannya. 7 makanan berikut adalah makanan terbaik untuk mengatasi hipertensi.

Bawang merah

makanan terbaik untuk penderita hipertensi

Bawang merah baik untuk penderita hipertensi karena bawang merah mengandung Adenosine, yaitu relaksan otot. Fenomen dapat mengonsumsi bawang merah mentah atau dapat dibuat menjadi jus dan dicampur campur dengan madu. Konsumsilah bawang sebanyak dua kali sehari selama dua minggu untuk mendapatkan khasiat.

Bawang putih

makanan terbaik untuk penderita hipertensi

Sama seperti bawang merah, bawang putih juga bagus untuk penderita hipertensi. Bawang putih membantu mengencerkan akumulasi kolesterol yang akan disimpan di dinding pembuluh darah arteri dan vena. Konsumsilah dua siung bawang putih setiap hari karena baik untuk aliran darah dan membantu kontrol tekanan darah. Jika Fenomen tidak bisa mengonsumsi bawang putih mentah, buatlah jus dan campur dengan air putih. Konsumsilah bawang putih dua kali setiap hari.

Beberapa Makanan Untuk Mengembalikan Kesegaran

Anggur

makanan terbaik untuk penderita hipertensi

Anggur kaya akan kalium dan fosfor, sehingga anggur bisa menjadi obat yang efektif untuk tekanan darah tinggi. Kalium merupakan diuretik alami, membuat ginjal mengeluarkan lebih banyak natrium sementara itu juga kandungan yang terdapat dalam anggur dapat merelaksasi pembuluh darah. Sehingga kedua hal ini dapat membantu menjaga tekanan darah.

Pisang

makanan terbaik untuk penderita hipertensi

Selain tinggi akan kalium, pisang juga mengandung vitamin B5, Vitamin C, dan magnesium. Mengonsumsi pisang setiap hari dapat mengontrol tekanan darah. Sebuah penelitian di Journal of American College of Cardiology mengatakan bahwa orang yang meningkatkan asupan kalium lebih dari 1.600mg per hari, memiliki risiko terserang stroke sebesar 21% lebih rendah daripada orang yang tidak mengonsumsi pisang.

Mengatur Pola Makan Seimbang untuk Pria

Daun mint

makanan terbaik untuk penderita hipertensi

Daun mint bersifat membantu menghilangkan plak arteri, penyebab signifikan hipertensi. Dengan penghapusan bertahap plak, tekanan pada jantung untuk memompa darah lebih cepat dilepaskan, sehingga tekanan darah menurun.

Jus semangka

makanan terbaik untuk penderita hipertensi

Jus semangka mengandung Arginine, asam amino yang membantu dalam menurunkan tekanan darah secara signifikan. Arginine tersebut berguna untuk mengurangi pembekuan darah, memberikan perlindungan terhadap stroke dan beberapa penyakit jantung lainnya.

Selain jus semangka, biji semangka juga telah terbukti sangat efektif dalam mengendalikan hipertensi. Sebuah studi oleh Indian Agriculture Research Institute menunjukkan bahwa biji semangka mengandung cucurbotrin, glukosida, yang membantu dalam melebarkan darah, dengan demikian, mengurangi tekanan darah.

Air kelapa

makanan terbaik untuk penderita hipertensi

Air kelapa mengandung kalium,kalsium, vitamin C dan nutrisi lain yang membantu dalam mengontrol tekanan darah. Kandungan kalium yang tinggi telah dianggap sebagai salah satu pengobatan alami terbaik untuk tekanan darah tinggi. (fmz/pm)

 

Comments
Loading...