Ini Dia Makanan yang Ternyata Baik Untuk Kesehatan Vagina

Berikut ini 4 makanan yang ternyata baik untuk kesehatan vagina

FENOMAGZ – Dalam menjaga kesehatan tubuh pada seorang wanita, tentunya vagina tidak bisa diabaikan. Bukan hanya untuk kelangsungan kehidupan seksual Anda bersama dengan pasangan Anda, tapi juga karena vagina merupakan organ vital yang sering kali dilupakan perawatan dan kesehatannya.

Baca juga: Mengapa Vagina Berbau Agak Asam? Ini Penjelasannya!

Berikut ini 4 makanan yang ternyata baik untuk kesehatan vagina:

Ikan

Jika saat menstruasi perut bagian samping Anda sakit, cobalah makan lebih banyak ikan. Nyeri haid alias kram saat menstruasi disebabkan pelepasan senyawa inflamasi yang disebut prostaglandin yang membantu kontraksi otot rahim. Asam lemak omega-3 pada ikan seperti yang terkandung dalam salmon dan tuna dapat mengurangi respon inflamasi sehingga mampu meringankan rasa kram saat menstruasi.

Yogurt

Vagina yang sehat merupakan tempat yang baik untuk lactobacillus, jenis bakteri yang baik yang dapat membantu tubuh Anda mempertahankan pH yang sehat. Vagina yang sehat juga merupakan tempat yang baik untuk candida. Hal-hal tersebut menjauhkan vagina Anda dari risiko pengembangan infeksi jamur vagina.

Mengonsumsi minuman/makanan probiotik seperti yogurt dapat membantu Anda menjauhkan diri dari risiko-risiko tersebut. Maka dari itu, mengonsumsi yogurt secara rutin dapat membuat vagina Anda terhindar dari infeksi.

Edamame, tahu, dan tempe

Makanan-makanan yang mengadung kedelai seperti edamame, tahu, dan tempe dapat membuat vagina Anda berada pada tingkat kelembapan yang pas. Tingkat kelembapan vagina yang pas merupakan dampak dari tingkat estrogen dalam tubuh Anda, membantu menjaga vagina Anda lebih elastis dan dilumuri dengan kadar cairan yang pas.

DeLucia menyatakan bahwa tahu, tempe, dan edamame mengandung isovlafins yang perannya menyerupai estrogen. Makanan-makanan tersebut juga bersifat hidrofilik yang berarti memberi banyak kadar air untuk vagina Anda, mencegahnya menjadi kering.

Bawang putih

Bawang putih bukan hanya berfungsi sebagai perasa makanan. Pada sebuah penelitian ditemukan bahwa ternyata bawang putih dapat melawan pertumbuhan jamur Candida. Mengonsumsi bawang putih dapat menjauhkan Anda dari risiko keputihan dan infeksi pada vagina Anda. (fmz/bb)

Comments
Loading...