Fenomagz
Unleash the Wild Side

Hindari Konsumsi Makanan Ini Jika Tidak Ingin Perut Kembung (1)

0

Perut kembung bisa disebabkan karena proses pencernaan yang tidak seharusnya

 

FENOMAGZ – Perut kembung tentulah akan membuat Anda jadi tidak nyaman. Tapi perut kembung adalah hal yang alami. Perut kembung bisa disebabkan karena proses pencernaan yang tidak seharusnya. Karena tidak bisa mencerna beberapa kandungan bahan makanan, tubuh jadi memfermentasi kandungan tersebut menggunakan bakteri.

Tak hanya itu, ternyata ada lho beberapa makanan yang bisa memicu perut kembung menjadi lebih parah, termasuk beberapa buah-buahan.

Untuk mengatasi perut kembung, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan yaitu dengan menghindari terlalu banyak mengonsumsi makanan yang jadi penyebab perut kembung itu sendiri. Lalu, makanan apa saja yang harus dihindari agar perut Anda menjadi nyaman dan bebas dari rasa kembung? Berikut adalah daftarnya.

  1. Produk susu

Hindari Konsumsi Makanan Ini Jika Tidak Ingin Perut Kembung (1)

Produk susu seperti keju dan susu sapi bisa memicu perut menjadi kembung, apalagi jika Anda sensitif atau mengalami intoleransi laktosa. Laktosa sendiri adalah gula alami yang sering ditemukan pada produk susu.

Bagi penderita intoleransi laktosa, mereka tidak akan bisa mencernanya karena tidak mempunyai enzim laktase untuk memecah jenis gula tersebut. Sebagai alternatif sumber protein, Anda penderita intoleransi laktosa bisa mengonsumsi fresh yogurt atau keju natural, sari kacang kedelai dan almond.

  1. Brokoli

Hindari Konsumsi Makanan Ini Jika Tidak Ingin Perut Kembung (1)

Fenomen, brokoli dan jenis sayuran cruciferous lain seperti kembang kol dan kubis memang menyehatkan, karena tinggi akan kandungan folat, vitamin C dan serat. Tetapi perlu Anda ketahui bahwa sayuran jenis ini juga mengandung raffinose, atau sejenis karbohidrat yang tidak bisa dipecah oleh tubuh karena kita kekurangan enzim untuk memprosesnya. Akhirnya, raffinose akan difermentasi oleh bakteri yang akan memicu perut jadi bergas dan kembung.

Baca juga:   Benarkah Mengupil Terlalu Sering Bisa Mengakibatkan Kematian?

Namun ingat, hal tersebut bukan berarti Anda tidak bisa mengonsumsi sayuran cruciferous sama sekali lho ya. Cobalah untuk mengolah sayuran jenis tersebut dengan cara memanggang atau mengukusnya agar lebih mudah dicerna.

  1. Makanan tinggi sodium

Hindari Konsumsi Makanan Ini Jika Tidak Ingin Perut Kembung (1)

Gurihnya keripik kentang dan makanan asin lainnya memang enak dilahap. Tetapi jangan terlalu banyak mengonsumsinya kalau tak ingin perut kembung. Pasalnya secara alami tubuh akan menahan air saat Anda makan terlalu banyak garam.

Sebagai panduan, konsumsi sodium sebaiknya tak lebih dari 2300 mg per hari. Jumlah ini berkurang jadi 1500 mg saat Anda mengalami diabetes, tekanan darah tinggi atau sudah berusia di atas 50 tahun.

Adapun makanan tinggi sodium antara lain sup kalengan, daging olahan dan saus botolan.

  1. Semangka

Hindari Konsumsi Makanan Ini Jika Tidak Ingin Perut Kembung (1)

Buah yang tinggi akan kandungan air ini ternyata bisa menyebabkan kembung lho. Bukan air yang memicunya, akan tetapi fruktosa atau kandungan gula alami pada semangka. Banyak orang yang tidak bisa memproses fruktosa sehingga muncullah masalah kembung.

  1. Legume

Hindari Konsumsi Makanan Ini Jika Tidak Ingin Perut Kembung (1)

Legume atau tumbuhan polong seperti kacang merah, peas, lentil dan kedelai tinggi akan kandungan serat dan protein. Meskipun tinggi akan kandungan serat dan protein, tumbuhan ini sulit untuk dicerna. Pasalnya, jenis serat yang ada dalam tumbuhan tersebut sulit diserap oleh tubuh, sehingga membuat bakteri pada usus yang harus bekerja memprosesnya. Dan hal tersebutlah yang memicu kembung.

Untuk menghindarinya, cobalah untuk mengonsumsi legume bersama gandum yang mudah dicerna seperti nasi atau quinoa. Atau Anda bisa juga merendam legume semalaman agar serat yang sulit dicerna bisa dipecah. (fmz/pm)

Baca juga:   Manfaat Buah Kawista, Buah Manis Nan Segar dan Menyehatkan
Comments
Loading...