advertisement

Kacang Kedelai Bikin Pria Berisiko Terkena Disfungsi Ereksi, Mitos atau Fakta?

ini dia penjelasan dari kandungan yang terdapat pada kacang kedelai

judi

FENOMAGZ – Beberapa ahli gizi dan ilmuwan mengungkapkan, bahwa kacang kedelai bebas lemak dan kaya akan protein. Ada juga yang berpendapat, bahwa kacang kedelai dapat menghambat hormon reproduksi pria (testosteron).

Baca juga:Sering Menggunakan Pelumas Saat Bercinta? Ini Risiko Yang Mungkin Akan Terjadi!

Lantas fakta apa yang benar terkait pengaruh kacang kedelai pada tubuh pria? Penelitian telah menemukan, konsumsi kacang kedelai secara teratur pada pria dapat menurunkan konsentrasi (kepekatan) sperma.

Studi lain yang dilakukan Harvard School of Public Health pada tahun 2008, pria yang makan rata-rata setengah porsi kacang kedelai sehari berisiko kelebihan berat badan dan obesitas.

Studi pada tahun 2011 meneliti, efek kacang kedelai pada pria berusia 19 tahun. Konsumsi kacang kedelai dikaitkan dengan disfungsi ereksi (ketidakmampuan untuk ereksi) dan hiposeksualitas (tidak punya gairah seksual).

Ahli gizi Nichola Ludlam-Raine mengungkapkan, konsumsi kacang kedelai yang menyebabkan ketidakseimbangan hormon dan disfungsi ereksi hanya mitos.

Mitos-mitos ini biasanya berasal dari penelitian yang dilakukan pada hewan, yang telah diberi dosis kacang kedelai sangat tinggi.

“Ini jauh lebih banyak daripada rata-rata manusia mengonsumsi kacang kedelai. Hewan memetabolisme kacang kedelai sangat berbeda dengan manusia. Keduanya tidak dapat dibandingkan,” kata Ludlam-Raine.

Serupa dengan pendapat Ludlam-Raine, peneliti Mark Messina yang menulis buku berjudul The Simple Soybean and Your Health juga menyimpulkan, protein pada kacang kedelai tidak memengaruhi hormon reproduksi pria. (fmz/bb)

Comments
Loading...