Berbeda Jenis Beras, Berbeda Pula Kandungan Nutrisinya

Beras dibedakan berdasarkan warna serta bentuknya

 

FENOMAGZ – Fenomen tentunya tahu nukan bahwa beras yang kini beredar di pasaran memiliki beragam jenis? Masing-masing beras tersebut memiliki bentuk, warna, dan kandungan nutrisi yang berbeda-beda pula, meskipun manfaat utama beras yaitu sebagai sumber energi.

Sebagian besar beras diketahui tinggi akan kandungan karbohidrat, karena beras memang didominasi oleh pati (sekitar 80-85 persen). Tak hanya karbohidrat, beras juga diketahui mengandung sedikit protein, vitamin, (terutama pada bagian bekatul), mineral dan serat.

Beras dibedakan berdasarkan warna serta bentuknya. Berdasarkan bentuknya, ada beras yang memiliki bulir pendek, sedang, maupun panjang. Beras dengan bulir pendek memiliki kandungan amilopektin yang lebih tinggi sehingga beras tersebut akan lebih lengket saat dimasak menjadi nasi. Beras dengan bulir panjang umumnya tidak lengket dan akan terpisah-pisah atau pera ketika dimasak menjadi nasi, sedangkan beras dengan bulir sedang memiliki kedua sifat tersebut.

Lalu bagaimana dengan jenis beras berdasarkan warnanya? Berikut uraian serta penjelasannya.

  1. Beras putih

Berbeda Jenis Beras, Berbeda Pula Kandungan Nutrisinya

Beras putih adalah beras yang kulit luarnya dikupas sehingga meninggalkan butiran beras berwarna putih. Beras putih umumnya digiling dan diproses untuk menghilangkan seluruh lapisannya (sekam dan bekatul) sehingga menampilkan warna putih.

Dalam 100 gram beras putih, terkandung energi sebesar 357 kkal, karbohidrat 77,1 gram, lemak 1,7 gram, protein 8,4 gram, serat 0,2 gram, kalsium 10 mg, serta fosfor 140 mg.

  1. Beras cokelat

Berbeda Jenis Beras, Berbeda Pula Kandungan Nutrisinya

Beras cokelat sebenarnya adalah beras putih yang masih memiliki bekatul serta kulit ari. Bekatul dan kulit ari mengandung banyak gizi seperti vitamin, mineral, dan serat. Beras cokelat sering dianggap sebagai beras merah oleh sebagian orang karena bentuk dan warnanya hampir sama.

Dalam 100 gram beras cokelat, terkandung energi sebesar 351 kkal, karbohidrat 77,2 gram, protein 7,9 gram, lemak 2,8 gram, serat 3,5 gram, kalsium 23 mg, zat besi 1,4 mg, serta vitamin B3 5 mg.

  1. Beras merah

Berbeda Jenis Beras, Berbeda Pula Kandungan Nutrisinya

Beras merah merupakan beras yang memiliki lapisan bekatul yang mengandung senyawa antosianin sehingga membuat beras berwarna merah. Kandungan serat dalam beras merah lebih tinggi daripada beras putih.

Dalam 100 gram beras merah, terkandung energi sebesar 352 kkal, karbohidrat 76,2 gram, protein 7,3 gram, lemak 0,9 gram, kalsium 15 mg, serta fosfor 275 mg.

  1. Beras hitam

Berbeda Jenis Beras, Berbeda Pula Kandungan Nutrisinya

Beras hitam juga merupakan beras yang mengandung antosianin yang sangat tinggi sehingga menghasilkan warna hitam atau keunguan.

Dalam 100 gram beras hitam, terkandung energi sebesar 351 kkal, karbohidrat 76,9 gram, serat 20,1 gram, protein 8,0 gram, zat besi 1,8 mg, lemak 1,3 gram, dan kalsium 6 mg. (fmz/pm)

Comments
Loading...