Fenomagz
Unleash the Wild Side

10 Makanan Ini Terbuat Dari Ludah dan Tinja. Berani Memakannya? (2)

0

Meski menjijikan, ternyata ada lho makanan yang terbuat dari air ludah dan tinja

 

FENOMAGZ – Fenomen tahu kopi luwak, bukan? Kopi yang terbuat dari kotoran binatang luwak ini merupakan salah satu jenis kopi termahal di dunia. Tapi kenapa ya masih ada orang yang minum kopi dari kotoran luwak?

Sejatinya, setiap manusia pasti berusaha keras agar makanan yang ia konsumsi sebersih mungkin. Tapi tahukah Fenomen bahwa ada lho makanan yang dibuat dari tinja atau air liur. Wah menjijikan sekali ya.

Lalu makanan apa saja yang dibuat dari kotoran atau liur tersebut? Berikut daftarnya.

  1. Shellac

10 Makanan Ini Terbuat Dari Ludah dan Tinja. Berani Memakannya? (2)

Shellac adalah zat yang biasanya dipakai sebagai pelapis makanan. Mungkin Fenomen jarang mendengar namanya, tapi pemakaiannya cukup banyak, misalnya seperti pelapis permen, coklat, bahkan pada lilin pelapis buah segar.

Shellac adalah hasil pemurnian lac, suatu tinja berbentuk ranting yang keluar dari serangga Laccifer lacca Kerr yang ada di India, Thailand, dan Myanmar. Untuk membersihkannya, tinja tersebut direndam dalam air, lalu direndam dalam sodium karbonat untuk menghilangkan asam.

Tinja yang telah dimurnikan itu kemudian digunakan sebagai pernis atau pelapis kayu, bahkan sebagai makanan.

  1. Sosis tinja bayi

10 Makanan Ini Terbuat Dari Ludah dan Tinja. Berani Memakannya? (2)

Sosis tinja bayi? Yuks! Siapapun yang mendengarnya pasti akan kaget dan jijik. Ya, ternyata ada lho sosis yang dibuat dari tinja bayi!

Fermentasi oleh bakteri memainkan peranan penting Dalam pembuatan sosis, bakteri memegang peranan penting dalam proses fermentasi. Sejumlah peneliti belakangan ini mengembangkan cara fermentasi sosis yang menghasilkan makanan sehat penuh bakteri baik, sebagaimana halnya yogurt probiotik.

Dan peneliti tersebut menemukan bahwa bakteri pada tinja bayi bisa digunakan untuk  membuat suatu jenis sosis babi yang dikenal sebagai fuet. Para pencicip profesional pun mencobanya dan hasilnya mereka tidak merasakan perbedaan rasa dibandingkan dengan sosis fuet lazimnya.

  1. Kuchikami no sake

10 Makanan Ini Terbuat Dari Ludah dan Tinja. Berani Memakannya? (2)

Seiring dengan berjalannya waktu, cara memproses sake telah berubah. Alkohol beras dalam proses sering disebut sebagai “wine beras”, tapi lebih mendekati bir.

Sekarang ini, beras biasanya difermentasi menggunakan cendawan jenis Aspergillus oryzae yang memiliki enzim untuk mengubah kanji beras menjadi gula. Namun sebelum temuan cendawan itu, ludah manusia lah yang digunakan untuk proses fermentasi.

Para pembuat minuman memulai proses fermentasi dengan mengunyah beras, buah berangan (chestnut), atau buah pohon ek (acorn). Sake jenis ini dikenal dengan Kuchikami No Sake, atau “Sake Kunyahan Mulut”.

  1. Ambergris

10 Makanan Ini Terbuat Dari Ludah dan Tinja. Berani Memakannya? (2)

Ambergris adalah lendir usus yang dihasilkan dalam lambung atau tenggorokan paus sperma. Meskipun terdengar menjijikan, nyatanya lendir usus tersebut memiliki banyak manfaat, sehingga harganya bisa mencapai US$ 29 per gram.

Selain digunakan untuk pembuatan parfum, lendir tersebut juga digunakan untuk memasak telur, membuat es krim, bahkan minuman campur.

Salah satu pandangan yang salah tentang zat ini adalah bahwa zat itu adalah muntahan paus sperma. Padahal ambergris lebih mungkin dikeluarkan sebagai tinja, bukan dimuntahkan.

  1. Yan wo

10 Makanan Ini Terbuat Dari Ludah dan Tinja. Berani Memakannya? (2)

Sarang burung walet dikenal juga sebagai “kaviar dari timur”. Burung walet akan membangun sarang dengan menggunakan ludah mereka ketika sedang membesarkan anak burung. Setelah kegunaannya selesai, sarang tersebut akan ditinggalkan.

Di China, sarang burung wallet dikenal sebagai Yan Wo. Sup sarang burung memiliki protein tinggi yang tinggi, sehingga sering dipakai dalam sup, tonik, bahkan makanan penutup. (fmz/pm)

Comments
Loading...