Fenomagz
Unleash the Wild Side

10 Makanan Ini Terbuat Dari Ludah dan Tinja. Berani Memakannya? (1)

0

Tak pernah terpikir, ternyata ada lho makanan yang dibuat dari tinja atau air liur

 

FENOMAGZ – Fenomen tahu kopi luwak, bukan? Kopi yang terbuat dari kotoran binatang luwak ini merupakan salah satu jenis kopi termahal di dunia. Tapi kenapa ya masih ada orang yang minum kopi dari kotoran luwak?

Sejatinya, setiap manusia pasti berusaha keras agar makanan yang ia konsumsi sebersih mungkin. Tapi tahukah Fenomen bahwa ada lho makanan yang dibuat dari tinja atau air liur. Wah menjijikan sekali ya.

Lalu makanan apa saja yang dibuat dari kotoran atau liur tersebut? Berikut daftarnya.

  1. Kopi luwak

10 Makanan Ini Terbuat Dari Ludah dan Tinja. Berani Memakannya? (1)

Bagi para pecinta kopi, pastinya Anda tahu bukan dengan kopi luwak? Kopi luwak adalah jenis kopi yang paling mahal di dunia. Kenapa bisa mahal? Jawabannya adalah karena kopi ini dihasilkan dari biji-biji kopi yang berasal dari kotoran luwak, hewan khas Asia Tenggara. Luwak suka menelan bulir-bulir buah kopi, akan tetapi ia tidak mencerna bijinya sehingga saat keluar bersama kotoran, biji kopi yang ia telan masih utuh berbentuk biji kopi.

Karena sudah melewati proses pencernaan, biji-biji tersebut jadi kurang masam, berkurang proteinnya, dan berkurang pula kadar kafeinnya. Sehingga kopi luwak yang Anda konsumsi rasanya menjadi lembut, beraroma, dan tidak terlalu pahit.

  1. Teh hijau tinja panda

10 Makanan Ini Terbuat Dari Ludah dan Tinja. Berani Memakannya? (1)

Panda dikenal sebagai hewan yang selalu mengonsumsi bambu. Menurut pengusaha teh, panda hanya mencerna sekitar 30 persen gizi dalam bambu, sehingga tinja panda masih kaya akan vitamin dan mineral dari tumbuhan tersebut. Tapi tahukah Fenomen bahwa selain cocok dijadikan pupuk, kotoran panda juga bisa dibuat menjadi teh?

An Yashi, seorang pengusaha, pakar alam liar, sekaligus pengajar di Sinchuan University adalah seseorang yang mengubah tinja panda menjadi teh hijau yang unik. Teh garapannya disuburkan dengan tinja panda sehingga memberi dampak istimewa. Ia berkata bahwa teh hijau dari kotoran panda sama seperti teh hijau biasanya, karena pada bambu mengandung unsur yang dapat mencegah kanker dan memperkuat dampak anti-kanker

Baca juga:   Kenikmatan Merokok Dengan Minum Kopi
  1. Un, Kono Kuro

10 Makanan Ini Terbuat Dari Ludah dan Tinja. Berani Memakannya? (1)

Un, Kono Kuro adalah nama bir yang merupakan plesetan “unko” yang berarti tinja dalam bahasa Jepang. Bir buatan Sankt Gallen, Kanagawa tersebut awalnya hanya dimaksudkan menjadi lelucon pada  April 2013. Akan tetapi, siapa sangka bahwa bir tersebut malah ludes terjual hanya dalam beberapa menit setelah dijual.

Minuman beralkohol ini dibuat dari bahan yang tidak biasa, yaitu kopi yang dikumpulkan oleh gajah-gajah. Seperti kopi luwak, biji-biji kopi tersebut juga diperoleh dari kotoran gajah.

Menurut seseorang yang pernah minum bir ini, bir tersebut mengeluarkan sesuatu yang berpendar yang perlahan naik dari kerongkongan dan mulut. Selain itu, rasa bir ini adalah perpaduan antara pahit dan manis

  1. Chicha

10 Makanan Ini Terbuat Dari Ludah dan Tinja. Berani Memakannya? (1)

Chicha adalah bir jagung yang dibuat di Andes dan bertarikh hingga ribuan tahun. Chica memegang peran penting dalam kebudayaan Inca dan Aztec, karena mereka menganggap kemabukan sebagai kegiatan spiritual dan berbagi minuman adalah tanda persahabatan.

Secara tradisional, Chicha diproses secara berbeda dari versi yang ada sekarang. Untuk memulai proses fermentasi, pembuat Chicha mengulum tepung jagung dengan lidahnya sehingga jadi lembab karena ludah mereka. Enzim dalam ludah manusia cukup untuk mengubah kanji jagung menjadi gula yang dapat berfermentasi. Setelah dikeringkan, kue-kue tepung jagung itu barulah siap. Langkah ini dilakukan sebelum bir disuling, sehingga produk akhirnya steril.

  1. Madu

10 Makanan Ini Terbuat Dari Ludah dan Tinja. Berani Memakannya? (1)

Tahukah Fenomen bahwa lebah memiliki dua lambung? Satu lambung lebah dikhususkan untuk menyimpan nektar yang mereka kumpulkan dari bunga. Ketika penuh, lambungnya bisa seberat lebah itu sendiri.

Baca juga:   Kebiasaan ini yang Bikin Pria Tidak Subur

Setelah mengujungi sekitar 1500 kuntum bunga, lebah madu akan kembali ke sarang  dan kemudian memberikan nektar yang ia kumpulkan kepada lebah pekerja dengan cara memuntahkan nektar dari lambung ke dua tersebut ke mulut lebah pekerja.

Proses tersebut dilakukan berulang hingga nektar yang tercerna sebagian itu siap dan disimpan dalam sarang madu. Kemudian, air akan dikipas ke luar dari nektar hingga jadi kental seperti madu yang kita kenal. (fmz/pm)

Comments
Loading...