Jangan Sering Konsumsi 5 Makanan Ini Jika Tidak Ingin Gigi Rusak

Selain permen, soda, dan makanan manis, ternyata masih banyak makanan lain yang bisa mengancam kesehatan gigi Fenomen

 

FENOMAGZ – Selama ini banyak orang yang berpendapat bahwa hanya makanan seperti permen, soda, serta makanan manis lain lah yang bisa mengancam kesehatan gigi. Namun nyatanya, ada lho asupan lain yang jika dikonsumsi terlalu sering akan membahayakan kesehatan gigi. Makanan apa saja? Berikut uraiannya.

  1. Jus

Jangan Sering Konsumsi 5 Makanan Ini Jika Tidak Ingin Gigi Rusak

Jus buah bisa membahayakan kesehatan gigi? Benarkah demikian? Jus buah terutama dalam kemasan botol memang memiliki kadar vitamin yang tinggi. Tapi Anda jangan lupa, jus buah pun apalagi yang sudah dikemas, ternyata mengandung kadar gula tinggi. Gula yang Anda asup dari jus buah kemasan botol bisa dikonsumsi bakteri dalam mulut dan diubah menjadi asam yang bisa menipiskan enamel sekaligus membuat gigi berlubang.

Akan lebih baik jika Anda membuat sendiri jus buah di rumah. Atau jika memang ingin mengonsumsi jus buah kemasan, gunakan sedotan untuk meminimalkan paparan jus pada gigi. Pastikan Anda menunggu 45 menit jika ingin menyikat gigi setelah minum jus, karena menggosok gigi segera sedangkan asam sedang melunakkan enamel justru bisa menambah kerusakan gigi.

  1. Buah kering

Jangan Sering Konsumsi 5 Makanan Ini Jika Tidak Ingin Gigi Rusak

Buah-buahan yang dikemas dalam bentuk kering biasanya mengandung serat non selulosa yang bisa membuat gula bertahan lebih lama di sekitar gigi. Hal ini sama seperti apa yang terjadi pada gigi ketika Anda mengunyah permen karet. Untuk itu, sebaiknya Anda memilih buah segar untuk dikonsumsi.

Namun jika masih tetap ingin mengonsumsi buah kering, segeralah sikat gigi Anda atau flossing sesaat setelah mengasup buah kering untuk membersihkan gula yang menumpuk di area mulut.

  1. Vitamin kunyah

Jangan Sering Konsumsi 5 Makanan Ini Jika Tidak Ingin Gigi Rusak

Vitamin dalam bentuk kunyah dikatakan mirip dengan permen dengan tekstur yang umumnya lengket dan berbalut gula. Vitamin seperti ini umumnya banyak dikonsumsi anak-anak. Jadi, bukannya tak mungkin jika risiko gigi berlubang pun makin bertambah jika vitamin kunyah terlalu sering dikonsumsi.

Usahakanlah untuk menyikat gigi beberapa waktu setelah makan vitamin kunyah agar kesehatan gigi tidak terancam.

  1. Saus barbekyu

Jangan Sering Konsumsi 5 Makanan Ini Jika Tidak Ingin Gigi Rusak

Jika saus barbekyu yang dominan dengan rasa manis dan asin terendap dalam waktu yang cukup lama di gigi, saus itu bisa mengakibatkan perubahan warna gigi dan pembusukan.

Sebagai antisipasi, Anda bisa menggunakan petroleum jelly sebagai lapisan pada gigi untuk menghindari kontak saus barbekyu dengan enamel. Atau segeralah menyikat gigi setelah mengonsumsi barbekyu.

  1. Anggur putih

Jangan Sering Konsumsi 5 Makanan Ini Jika Tidak Ingin Gigi Rusak

Sama seperti anggur merah, terlalu banyak mengonsumsi anggur putih ternyata juga berdampak buruk pada kesehatan gigi dan mulut. Pasalnya, asam pada anggur putih bisa menggerogoti email gigi. Untuk itu, ada baiknya Anda selingi anggur putih dengan makan keju. Jangan lupa juga untuk berkumur setelah minum anggur.

Seperti diketahui, keju mengandung banyak protein, kalsium dan fosfor yang bisa menangkal zat asam dari anggur yang tertinggal di mulut. (fmz/pm)

Comments
Loading...