Sering Merasa Lemas Di Siang hari? Coba Hindari Makanan Ini

Agar tubuh tetap produktif, Anda membutuhkan makanan yang tepat

 

FENOMAGZ – Fenomen sering merasa lemas dan tidak bertenaga di siang hari? Mungkin saja penyebabnya apa yang Anda makan saat makan siang. Makan siang adalah saat atau waktu bagi seseorang mengisi energi. Tubuh Anda tak ubahnya seperti mesin. Ketika diberi bahan bakar yang tepat dan sering mengganti oli secara teratur, mesin akan beroperasi dengan efisien. Namun, ketika bahan bakarnya berkualitas rendah, mesin akan mulai mogok dan bisa rusak.

Sama seperti manusia, untuk tetap produktif, dibutuhkan makanan yang tepat. Agar Anda tidak merasa lemas atau kehilangan energi di siang hari, ada beberapa jenis makanan yang perlu Anda hindari. Apa saja makanan-makanan tersebut?

  1. Kopi

Sering Merasa Lemas Di Siang hari? Coba Hindari Makanan Ini

Minum dua cangkir kopi sehari ternyata baik untuk kesehatan dan menstimulasi sistem saraf pusat. Namun jika Anda minum kopi lebih dari 2 cangkir, hal tersebut akan membuat sistem adrenal menjadi aus sehingga Anda akan merasa lelah. Ada baiknya Anda tidak minum kopi non organik untuk mencegah merosotnya energi.

Kopi non organik banyak mengandung pestisida residu yang dapat membuat Anda merasa lelah. Ada baiknya Anda minum kopi organik 1 cangkir teh per hari. Namun, apabila Anda membutuhkan sentakan energi di sore hari, konsumsilah teh hijau.

Teh hijau mengandung kafein dan l-theanine, yang mampu menghentikan efek stimulasi berlebih dari kafein. Hal ini berarti tersedianya energi yang berkelanjutan, tanpa lonjakan energi tinggi namun kemudian turun drastis.

  1. Energy bar

Sering Merasa Lemas Di Siang hari? Coba Hindari Makanan Ini

Energy bar seringkali dicap sebagai cara cepat untuk memuaskan rasa lapar dan sebagai bahan bakar untuk tubuh. Meskipun begitu, ternyata energy bar kurang bernutrisi, apalagi jika dibuat sebagai sumber utama makanan harian. Energy bar memberi energi hanya dalam waktu sementara dan setelahnya, mungkin kira-kira 1-2 jam kemudian, Anda akan dibuat mengantuk.

  1. Minuman manis dengan gula

Sering Merasa Lemas Di Siang hari? Coba Hindari Makanan Ini

Sama seperti kopi, jus tampak seperti makanan penambah energi. Hal tersebut memang benar, tapi setelah lonjakkan gula darah selesai, tidak akan ada yang tersisa. Minuman berenergi dan minuman bersoda mengandung kadar gula tambahan dan kafein yang sangat tinggi.

Jus buah kemasan cenderung mengandung kadar gula yang tinggi dan kurang serat. Gula dalam minuman seperti ini akan menaikkan gula darah dan memberi sentakan cepat, tapi tidak bertahan lama. Tingkat gula darah akan kembali merosot dan Anda akan kembali merasa lelah, bahkan lebih dari sebelumnya.

  1. Makanan olahan

Sering Merasa Lemas Di Siang hari? Coba Hindari Makanan Ini

Semua ahli gizi setuju bahwa makanan olahan, termasuk gandum putih, makanan dengan minyak dan gula tambahan, sangat merugikan kesehatan dan tingkat energi sepanjang hari. Alasan mengapa mengonsumsi makanan olahan dapat menyebabkan hilangnya energi adalah berfluktuasinya tingkat gula darah.

Semakin banyak jumlah karbohidrat olahan dalam makanan, makan akan semakin  banyak pula energi yang akan hilang. Ada baiknya Anda tidak mengonsumsi karbohidrat olahan terlalu banyak untuk mencegah kantuk dan lemas di siang dan sore hari.

  1. Camilan kemasan

Sering Merasa Lemas Di Siang hari? Coba Hindari Makanan Ini

Camilan kemasan penuh akan kandungan gula dan zat-zat tak bernutrisi. Bukannya membuat Anda menjadi kenyang, camilan kemasan malah justru membuat tingkat energi Anda menjadi merosot. Ada baiknya Anda tidak mengonsumsi camilan kemasan atau apabila sangat menginginkannya, Anda bisa mengonsumsinya dalam jumlah yang sedikit. (fmz/pm)

Comments
Loading...