Jangan Konsumsi Makanan Ini Jika Tidak Ingin Sulit Tidur

Ada banyak faktor yang menyebabkan tidur Anda menjadi terganggu, salah satu penyebabnya adalah pilihan makanan yang salah

 

FENOMAGZ – Fenomen merasa akhir-akhir ini sering kesulitan untuk tidur? Ada banyak faktor yang menyebabkan tidur Anda menjadi terganggu, salah satu penyebabnya adalah pilihan makanan yang salah. Tahukah Fenomen bahwa ada beberapa makanan tertentu yang bisa membuat Anda jadi sulit untuk tidur?

Ya, ada beberapa makanan yang bisa jadi penyebab Anda jadi sulit tidur. Namun bukan berarti Anda tidak mengonsumsinya di malam hari. Akan lebih baik jika Anda mengonsumsinya jauh sebelum saat Anda akan tidur, agar ada waktu untuk mencerna makanan tersebut.

Terdapat 5 jenis makanan yang dianggap buruk bila dikonsumsi langsung sebelum tidur. Apa saja? Berikut jenis makanannya.

  1. Kafein

Jangan Konsumsi Makanan Ini Jika Tidak Ingin Sulit Tidur

Tak hanya pada kopi, ternyata kafein bisa bersembunyi di dalam camilan malam seperti cokelat dan teh hitam. Anda bisa saja mengonsumsinya tanda sadar. Mengonsumsi apapun yang mengandung kafein buruk akibatnya untuk tidur karena kafein bersifat stimulan.

Kafein bisa tinggal lama dalam sistem tubuh Anda sampai 8 jam. Itulah mengapa banyak ahli merekomendasikan agar Anda mengonsumsi kopi sebelum jam 5 sore atau juga bisa juga lebih cepat, tergantung waktu Anda tidur.

Namun tahukah Anda bahwa ada juga banyak orang yang minum espresso setelah makan dan ia tidak memiliki masalah tidur setelahnya. Meski begitu, kafein mungkin akan mencegah mereka dari tertidur pulas dan mendapat istirahat baik.

  1. Alkohol

Jangan Konsumsi Makanan Ini Jika Tidak Ingin Sulit Tidur

Minuman keras memang bisa membuat seseorang tertidur. Tapi tidur karena minum alkohol bukanlah hal baik. Faktanya, hal tersebut sama seperti kualitas tidur yang didapat setelah minum kafein, yaitu membuat seseorang bisa lebih banyak terbangun di malam hari.

  1. Gula

Jangan Konsumsi Makanan Ini Jika Tidak Ingin Sulit Tidur

Gula, khususnya jenis gula tambahan, terkenal bisa meningkatkan energi. Hal ini berkebalikan dengan apa yang diinginkan sebelum tidur. Seorang ahli gizi klinis mengatakan bahwa mengonsumsi banyak makanan manis bisa menimbulkan lonjakan energi dan membuat seseorang menjadi lebih sulit tidur. Jika Anda menginginkan dessert, sebaiknya konsumsilah buah-buahan seperti kiwi.

  1. Makanan pedas dan tinggi asam

Jangan Konsumsi Makanan Ini Jika Tidak Ingin Sulit Tidur

Refluks asam lebih mungkin terjadi saat tidur ketika berbaring. Karena lebih mudah bagi asam lambung untuk kembali ke atas melalui esofagus. Mengonsumsi makanan yang sangat pedas atau asam akan menyebabkan refluks, dan dapat memicu efek ini.

  1. Makanan yang sulit dicerna

Jangan Konsumsi Makanan Ini Jika Tidak Ingin Sulit Tidur

Makanan berserat seperti kacang-kacangan dan sayuran cruciferous seperti brokoli sedikit lebih sulit dicerna. Kandungan didalamnya bisa menyebabkan perut menjadi kembung dan bergas ketika dikonsumsi berlebihan.

Ketika Anda mengonsumsi banyak makanan tersebut kemudian berbaring untuk tidur, hal ini bisa memicu refluks asam, mulas dan masalah perut yang tentunya bisa mengganggu tidur Anda. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa makan brokoli saat makan malam. Tapi akan lebih baik jika Anda menghindari mengonsumsinya terlalu banyak menjelang tidur. (fmz/pm)

Comments
Loading...