Ini Makanan Populer Yang Bisa Bikin Berat Badan Naik (2)

Kunci utama dalam melakukan diet adalah dengan mengetahui takaran atau porsi yang dianjurkan

 

FENOMAGZ – Untuk menjaga berat badan dan tubuh tetap ramping, banyak orang yang tergila-gila untuk mengonsumsi makanan sehat. Tak jarang dari mereka yang bahkan mengonsumsinya secara berlebihan. Alih-alih turun, berat badan malah akan naik.

Sebenarnya kunci utama dalam melakukan diet adalah dengan mengetahui takaran atau porsi yang dianjurkan. Seperti berapa gram, berapa sendok teh, atau berapa sendok makan takarannya.

Jika Anda tidak mengikuti takaran atau porsi yang dianjurkan, bisa-bisa Anda kelebihan konsumsi kalori. Belakangan ini banyak beredar makanan yang diklaim sehat dan rekomen untuk dikonsumsi saat Anda sedang menjalani diet. Namun prinsipnya sama seperti yang dikatakan di atas, jika makanan berikut dikonsumsi berlebihan, maka tubuh Anda bisa saja jadi kelebihan berat badan.

Sebenarnya, makanan sehat apa saja yang jika tidak dikonsumsi dengan benar bisa mengakibatkan kegemukan? Berikut daftarnya.

  1. ​Almond

Ini Makanan Populer Yang Bisa Bikin Berat Badan Naik (2)

Menurut sebuah ensiklopedi, almond merupakan jenis kacang​ yang kaya akan protein. ​Almond bisa dimakan mentah, dibuat campuran kue atau dibuat butter dan susu almond.

Hanya saja perlu Anda ingat bahwa setiap genggam atau sekitar ​23 biji almond mengandung 164 kalori​. Oleh karena itu, batasi konsumsi almond jika tidak ingin alami kegemukan.

2. Minyak kelapa

Ini Makanan Populer Yang Bisa Bikin Berat Badan Naik (2)

Minyak kelapa mengandung 92% lemak jenuh. Jika dibandingkan dengan minyak zaitun dan minyak alpukat, minyak zaitun mengandung 9% lemak jenuh dan minyak alpukat mengandung 25% lemak jenuh. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi minyak kelapa dapat meningkatkan kolesterol.

3. Walnut​

Ini Makanan Populer Yang Bisa Bikin Berat Badan Naik (2)

Tahukah Anda bahwa dalam satu cangkir walnut​ terkandung 564 kalori dan 65 gr​a​m lemak? ​Kacang walnut mengandung ​antioksidan dan asam amino ​yang bermanfaat untuk ​​kesehatan jantung, mengurangi tingkat insulin​ untuk penderita diabetes​​.

Batasi porsi ​konsumsi kacang walnut sekitar 14 walnut sehari dengan kandungan​​ ​185 kalori.

4. Greek yogurt

Ini Makanan Populer Yang Bisa Bikin Berat Badan Naik (2)

Dibandingkan dengan jenis yogurt lainnya, greek yogurt me​ngandung lebih tinggi protein. ​Setiap 170 grm greek yogurt terkandung 100 kalori. Menambahkan sirup dan granola tinggi lemak pada greek yogurt akan membuat makanan yang sehat menjadi tidak sehat.

Cobalah tambahkan buah segar, untuk menggantikan gula gunakan kayu manis,​ vanili ​dan madu​.

  1. Quinoa

Ini Makanan Populer Yang Bisa Bikin Berat Badan Naik (2)

Quonoa mengandung protein yang lengkap. Selain itu, quinoa juga mengandung serat baik dan mineral yang layak dikonsumsi untuk sarapan atau makan malam.

Q​uinoa yang dimasak ​mengandung​ 222 kalori. Dengan begitu, ​A​nda tidak bisa mengkonsumsi banyak quinona sesuai dengan yang anda inginkan. ​Meskipun diklaim sebagai superfood, ada baiknya Anda mengonsumsi quinoa dalam takaran secukupnya agat tak kelebihan asupan kalori.​ (fmz/pm)

Comments
Loading...