Makanan Terbaik untuk Dikonsumsi Saat Sarapan Pagi

Kadar gula dalam darah menurun secara drastic sedangkan otak memerlukan asupan energy untuk bisa berpikir dengan daya konsenrasi yang tetap baik

 

FENOMAGZ – Untuk bisa menjalani aktivitas sepanjang hari dengan fit dan semangat, anda memerlukan pasokan energy. Pasokan energy tersebut bisa anda dapatkan dari sarapan pagi. Sarapan pagi ibarat bensin bagi tubuh yang mampu memberikan energy sebelum anda beraktivitas. Selain sebagai sumber energy di pagi hari, sarapan juga baik untuk meningkatkan konsesntrasi otak. Selama kita tidur di malam hari. Kadar gula dalam darah menurun secara drastic sedangkan otak memerlukan asupan energy untuk bisa berpikir dengan daya konsenrasi yang tetap baik.

Oleh karena itu sarapan merupakan bahan bakar bagi otak agar permulaan kegiatan berjalan dengan baik. Tidak hanya itu, sarapan pagi juga baik untuk meningkatkan metabolisme tubuh, mengontrol berat badan, menjaga mood, dan menjaga kesehatan jangka panjang. Namun ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan. Meski banyak memberi manfaat bagi tubuh, anda juga harus memperhatikan menu sarapan anda agar sesuai dengan anjuran.

Berikut jenis makanan yang tepat untuk dikonsumsi saat sarapan pagi, yuk mari kita simak bersama :

Telur

Telur kaya akan protein dan nutrisi lainnya seperti asam lemak dan omega tiga yang baik untuk tubuh. Mengkonsumsi telur saat sarapan pagi mampu menjaga rasa kenyang anda hingga siang hari, mengurangi asupan kalori saat makan siang, serta membantu menjaga kadar gula darah dan insulin tetap stabil.

Mengkonsumsi setidaknya 8-10 gram hingga 20-25 gram protein tidak hanya akan menyediakan rasa kenyang yang lebih tahan lama, namun juga menjaga masa otot yang baik dari waktu ke waktu. Ditambah lagi, kuning telur yang tinggi akan kandungan vitamin 8 kolin penting untuk ketajaman memori, juga kaya akan lutein dan zeaxanthin yang mendorong kesehatan mata.

Oatmeal

Semangkuk bubur oatmeal mengandung banyak serat tinggi. Serat tinggi yang terkandung dalam oatmeal dapat membantu kamu merasa kenyang lebih lama. Oats sendiri adalah gandum utuh yang melalui proses penggilingan. Mengonsumsi gandum utuh dapat menurunkan resiko beberapa penyakit, seperti hipertensi, kolestrol tinggi, dan diabetes tipe-2. Selain itu, oatmeal juga kaya akan zat besi, magnesium, dan vitamin B kompleks.

Namun, kamu harus memperhatikan komposisi bungkus oatmeal yang kamu beli. Oatmeal siap saji yang baik harus mengandung satu bahan saja yaitu biji gandum utuh. Sebaiknya kamu hindari oatmeal siap saji yang rendah serat, serta mengandung gula dan sodium tinggi.

Kopi

Meski kopi memberikan dampak buruk pada kesehatan, namun tak ada salahnya meneguk segelas kopi hangat untuk memulai hari. Segelas kopi panas (tanpa gula dan creamer) mengandung antioksidan tinggi yang bermanfaat bagi kesehatan jantung dan dapat menurunkan resiko penumpulan keterampilan kognitif. Ngopi di pagi hari juga dipercaya dapat menangkal peluang kanker, termasuk kanker karsinoma sel basal, dan melindungi kamu dari diabetes tipe-2.

Teh

Tak hanya kopi, teh juga kaya akan flavonoid yang mampu menggenjot kerja sistem kekebalan tubuh. Tak hanya itu, flavonoid juga efektif sebagai obat anti peradangan. Teh (tanpa gula) cukup ampuh sebagai alarm di pagi hari karena tingginya kandungan L-theanine yang mampu membangkitkan kewaspadaan dan membantu menajamkan focus.

Greek yoghurt

Sama seperti telur, greek yoghurt mengandung protein dan kalsium yang tinggi. Namun untuk sarapan pagi, pilihlah plain greek yoghurt (yoghurt biasa tanpa tambahan rasa apapun) untuk menghindari asupan gula buatan yang tidak diinginkan. (FMZ/PZ)

Comments
Loading...