Fenomagz
Unleash the Wild Side

Manfaat Makan Jengkol Bagi Kesehatan Tubuh

0

Meski baunya kurang sedap, jengkol banyak memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh

 

FENOMAGZ – Siapa yang tidak kenal dengan buah jengkol yang memiliki bau kurang sedap satu ini. Tak sedikit orang yang tidak menyukai jengkol karena aromanya. Namun, ada sebagian orang yang gemar dengan olahan makanan ini dan tidak peduli dengan baunya.

Tahukah Fenomen meskipun bau, jengkol memiliki banyak manfaat positif bagi kesehatan tubuh. Berikut uraiannya.

  1. Mencegah anemia

Jengkol kaya akan zat besi dimana zat besi ini sangat berperan untuk mencegah dan mengatasi kurangnya produksi sel-sel darah merah dalam tubuh. Anda pasti tahu bila tubuh kekurangan zat besi, produksi sel-sel darah merah akan berkurang. Akibatnya suplai oksigen dan zat-zat makanan yang dibutuhkan oleh seluruh sel dalam tubuh juga akan berkurang.

Efek dari kurangnya suplai oksigen dan zat-zat makanan  pada sel akan menurunkan fungsi dan kinerja sel. Tidak heran jika seseorang yang kekurangan zat besi akan terlihat lemas, mudah lelah, dan tidak bersemangat.

Selain itu, mengonsumsi jengkol sangat dianjurkan pada wanita yang sedang menstruasi agar tubuh tidak kekurangan zat besi akibat banyaknya darah menstruasi yang keluar tubuh.

  1. Mencegah pengeroposan tulang dan memperkuat tulang dan gigi

Selain zat besi dan protein, kandungan zat lain yang ada di dalam jengkol adalah kalsium dan fosfor. Dua zat ini adalah zat yang sangat dibutuhkan oleh tulang. Kalsium dan fosfor dapat mencegah tulang keropos (osteoporosis). Jadi, sering mengkonsumsi jengkol dengan porsi yang cukup dapat membuat tulang pada tubuh anda menjadi lebih kuat.

  1. Mencegah diabetes

Jengkol juga dapat mencegah timbulnya penyakit diabetes karena di dalam buah jengkol terdapat zat yang tidak ditemukan pada bahan-bahan makanan lainnya. Zat tersebut dinamakan zat asam jengkolat. Asam jengkolat berupa kristal-kristal yang tidak larut oleh air. Karena sifat diuretic inilah jengkol sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh para penderita gangguan ginjal. Dikhawatirkan ginjal tidak akan mampu menyaring asam jengkolat pada buah jengkol sehingga mengakibatkan ginjal tidak mampu menyaring asam jengkolat.

  1. Mengusir radikal bebas

Mengonsumsi jengkol dapat membantu mengusir radikal bebas karena kandungan vitamin A dan vitamin C di dalamnya. Vitamin-vitamin tersebut berperan sebagai zat antioksidan yang dikenal ampuh menangkal zat-zat radikal bebas penyebab penyakit kanker.

  1. Menjaga kesehatan mata

Buah jengkol mengandung vitamin A, vitamin B1,vitamin B2 serta vitamin C yang akan membantu merawat kesehatan mata sehingga mata tidak mudah mengalami kerusakan atau bagi yang sudah rusak tidak mengalami kerusakan yang lebih parah.

  1. Pembentukan jaringan tubuh

Kandungan protein yang tinggi pada jengkol dapat membantu pembentukan jaringan dalam tubuh. Kandungan protein pada jengkol ternyata jauh lebih banyak bila dibandingkan dengan kandungan protein pada kacang hijau dan kacang keledai.

  1. Merampingkan perut

Ternyata jengkol juga dapat membantu merampingkan perut yang buncit loh. Kandungan seratnya yang tinggi dapat melancarkan BAB sehingga secara tidak langsung membuat perut langsing. Salah satu penyebab buncitnya perut pada seseorang adalah karena buang air besar yang tidak lancar dan tidak teratur.

Bagaimana Fenomen? Setelah Anda mengetahui manfaat jengkol bagi kesehatan, akankah Anda mulai mengonsumsi jengkol? (fmz/pm)

Comments
Loading...