Ini Mitos Tentang Makanan Sehat Yang Masih Banyak Dipercaya (2)

Belakangan banyak beredar saran atau informasi mengenai mitos makanan sehat yang padahal belum tentu benar adanya

 

FENOMAGZ – Fenomen sering mendengar atau mendapatkan pesan tentang fakta maupun mitos soal makanan sehat? Jika ya, sebaiknya Anda jangan cepat percaya karena belum tentu mitos tentang makanan tersebut benar adanya.

Belakangan memang banyak beredar saran dan informasi mengenai makanan sehat, baik itu di media sosial maupun dari mulut ke mulut. Padahal menurut beberapa hasil penelitian nutrisi, informasi tersebut tidaklah bisa seluruhnya dipercaya.

Salah informasi bisa saja membuat orang malah justru mengonsumsi makanan yang sebenarnya tidak sehat. Lalu, apa saja mitos-mitos makanan sehat yang banyak beredar dan masih banyak diyakini orang? Berikut uraiannya.

  1. Salad selalu jadi menu pilihan tersehat

Ini Mitos Tentang Makanan Sehat Yang Masih Banyak Dipercaya (2)

Mengonsumsi salad saja memang sehat. Akan tetapi, hati-hati Fenomen, karena saus dan topping pada salad dapat memberi asupan gula, lemak dan kalori sebanyak burger.

Ada baiknya Anda berhati-hati dengan topping yang ditambahkan seperi saus botolan, keju, bacon, atau buah kering. Akan lebih baik jika Anda menambahkan alpukat dan kacang yang terbukti lebih menyehatkan. Namun ingat ya Fenomen, konsumsilah dalam jumlah kecil.

Selain itu, pilihlah salad yang berdaun hijau dengan protein tanpa lemak atau sajian kecil lemak sehat, serta sedikit minyak untuk membantu penyerapan nutrisi larut dalam lemak. Hindari juga saus salad berbentuk krim atau mayonnaise berkalori tinggi.

  1. Versi rendah lemak lebih baik

Ini Mitos Tentang Makanan Sehat Yang Masih Banyak Dipercaya (2)

Siapa bilang lemak tak dibutuhkan oleh tubuh? Nyatanya, saat lemak dihilangkan, biasanya akan diganti dengan gula atau garam. Jadi akan lebih baik jika Anda memperhatikan bahan pembuat dan ukuran porsi daripada menghilangkan semua lemak.

Lemak juga kaya akan kalori yang mampu membuat Anda jadi kenyang. Maka,  pilihlah lemak yang baik dan makanlah dalam porsi kecil.

  1. Berhenti makan gluten lebih bermanfaat

Ini Mitos Tentang Makanan Sehat Yang Masih Banyak Dipercaya (2)

Jika Anda tidak mempunyai penyakit cellic atau intolerasi gluten, maka Anda tidak perlu makan makanan yang bebas gluten.

Gluten adalah protein yang ada di dalam gandum. Jika Anda tidak alergi gluten, maka tidak makan gluten tentu akan merugikan karena roti bebas gluten bisa saja memakai bahan rendah nutrisi. (fmz/pm)

Comments
Loading...