Mitos Tentang Teh Yang Perlu Anda Ketahui Kebenarannya

Judi

judi

Selain fakta bahwa teh menyehatkan, ternyata masih banyak mitos tentang teh yang beredar dan tetap dipercaya masyarakat hingga kini

 

FENOMAGZ – Setelah air putih, teh merupakan minuman yang paling banyak di konsumsi di dunia. Selain fakta bahwa teh menyehatkan, ternyata masih banyak mitos tentang teh yang beredar dan tetap dipercaya masyarakat hingga kini. Mulai dari mitos tentang cara menyeduhnya, mitos bahwa teh hijau yang lebih baik, dan lain-lain. namun benarkah hal tersebut?

Berikut adalah beberapa mitos tentang teh yang perlu diluruskan.

Teh hitam mengandung lebih banyak kafein daripada teh hijau

Mitos Tentang Teh Yang Perlu Anda Ketahui Kebenarannya

Benarkah bahwa teh hitam lebih banyak kafein daripada teh hijau? Faktanya, setiap teh memiliki kandungan kafein, namun kafein pada teh tidak sebanyak kopi. Hanya perusahaan-perusahaan yang memproduksi teh lah yang dapat memecah kandungan kafein yang berbeda-beda pada tiap tehnya.

Banyak sumber menyebutkan bahwa teh hitam memiliki kandungan kafein lebih banyak dibandingkan teh hijau. Namun sebenarnya, tidak pernah ada yang dapat memastikan secara mutlak kandungan kafein dari setiap cangkir teh.

Kafein pada teh bisa dihilangkan dengan berbagai cara pengolahan, seperti menyeduh teh, melihat di mana dan bagaimana cara teh tersebut tumbuh, ukuran daun, atau cara pengolahan (roasting, aging, dan fermentasi).

Tidak semua teh hitam atau teh hijau memiliki takaran kafein yang sama. Teh yang sama saja bisa menghasilkan jumlah kafein yang berbeda, tergantung bagaimana cara teh itu diseduh.
Seorang peneliti mengukur kandungan kafein dari 20 produk teh umum. Hasilnya, ia tidak menemukan korelasi antara jenis teh (hijau, hitam, oolong) dan kandungan kafein. Semakin lama teh diseduh, maka jumlah kafein yang larut ke dalam cangkir Anda akan semakin bertambah.

Teh hitam harus diseduh lebih lama dibandingkan teh hijau

Mitos Tentang Teh Yang Perlu Anda Ketahui Kebenarannya

Teh hijau tidak bisa diseduh terlalu lama. Untuk menyeduh teh hijau dibutuhkan waktu hanya satu hingga dua menit. Berbeda dengan teh hitam yang butuh diseduh sekitar lima menit. Namun hal tersebut tidak berlaku untuk daun yang berukuran lebih kecil atau tidak utuh, jumlah air yang dipakai untuk menyeduh (jumlah air banyak untuk diseduh lebih lama), serta cara menyeduh terbaik untuk jenis teh tertentu.

Misalnya, sekantong teh hitam celup hanya perlu diseduh selama 1-2 menit dalam mug. Sementara satu poci daun teh English Breakfast perlu waktu lebih lama.  Tiap merek teh umumnya memberikan petunjuk saran penyeduhan di dalam kemasannya. Ada baiknya Anda mengikuti saran tersebut agar mendapat air teh terbaik.

Teh hijau lebih baik daripada teh lain

Mitos Tentang Teh Yang Perlu Anda Ketahui Kebenarannya

Banyak orang mengatakan bahwa mengonsumsi teh hijau dibanding teh lain dapat memberikan manfaat positif untuk kesehatan. Namun apakah hal tersebut benar adanya?

Banyak orang berpendapat bahwa teh hijau memiliki kandungan kafein lebih rendah dan memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Kenyataannya, teh hijau memang memiliki antioksidan lebih tinggi daripada teh hitam dan oolong. Namun bukan berarti kandungan antioksidan pada teh hijau dapat dijadikan obat untuk menyembuhkan penyakit mulai dari alergi hingga kanker.

Teh hijau menjadi lebih populer khasiatnya karena banyak riset yang dilakukan terhadap khasiat teh ini dibandingkan pada teh hitam, oolong dan white tea. (fmz/pm)

Comments
Loading...