Fenomagz
Unleash the Wild Side

Ini Penyebabnya Mudah Marah saat Lapar

Ketika kita benar-benar lapar, lalu ada orang lain makan, akan ada kemarahan yang timbul. Hal ini normal, sebab, semakin lapar semakin tinggi emosi kita

0

 

FENOMAGZ – Perilaku agresif , bahkan emosi yang labil lantas menjadi respons tubuh dalam menanggapi rasa lapar. Keduanya, sering kali muncul bersamaan dengan stress atau kecemasan berlebih  yang kadang kala berimbas pada tindakan impulsif.

Ketika kita benar-benar lapar, lalu ada orang lain makan, akan ada kemarahan yang timbul. Hal ini normal, sebab, semakin lapar semakin tinggi emosi kita.

Reaksi pertahanan diri

Ada hubungan yang erat antara otak dan perut. Rasa cemas akibat lapar misalnya, muncul karena rangsangan otak ditanggapi oleh hormone pengendali nafsu dalam perut. Selain itu, seluruh karbohidrat, lemak, dan protein dalam asupan makanan akan dicerna menjadi gula sederhana (glukosa, asam amino, serta asam lemak bebas). Nutrisi ini, akan masuk ke dalam aliran darah hingga akhirnya distribusikan ke organ serta jaringan tubuh, dan digunakan sebagai energy.

Semakin lama, jumlah nutrisi ini akan menurun. Rendahnya kadar gula darah, lantas akan dianggap sebagai ‘’ancaman’’ oleh otak. Apalagi, untuk bisa melakukan tugasnya dengan optimal, otak sangat membutuhkan glukosa. Tidak heran, jika rasa lapar kerap berdampak pada kurangnya konsentrasi hingga produktivitas.

Satu dampak yang paling kentara, yaitu kurangnya control pada  gejala amarah. Pada akhirnya, serangan lapar akan memicu pelepasan hormon serotonin (hormon stress) yang mengakibatkan anda sulit mengontrol emosi dan rasa marah.

Atasi sejak awal

Makanlah sebelum anda merasa terlalu lapar. Jika telanjur, anda disarankan untuk menghindari konsumsi fast food. Bagaimana pun, jenis makanan tersebut akan ter proses sangat cepat dan justru membuat anda semakin hangry. Sebaliknya, anda bisa memilih makanan kaya nutrisi untuk meredakan rasa lapar, membuat kenyang lebih lama, tanpa harus menumpuk kalori.

Baca juga:   Hindari Konsumsi Makanan Ini Jika Tidak Ingin Perut Kembung (1)

Nah, untuk menstabilkan gula darah, ada baiknya mengkonsumsi kacang-kacangan, alpukat, yoghurt, telur, dan keju. (fmz/pz)

Comments
Loading...