Ragam Junk Food Yang Bisa Mengakibatkan Serangan Jantung (2)

Makanan cepat saji kaya akan lemak jenuh, natrium, dan kolesterol yang bisa meningkatkan resiko penyakit jantung dan serangan jantung

 

FENOMAGZ – Fenomen sering mengonsumi makanan cepat saji atau junk food? Jika ya, sebaiknya Anda mulai berhati-hati. Karena sejumlah makanan cepat saji sudah lama diketahui bisa menyebabkan lemak dalam tubuh yang bisa membawa pengauh buruk terhadap jantung.

Makanan cepat saji atau junk food kaya akan lemak jenuh, natrium, dan kolesterol yang bisa meningkatkan resiko penyakit jantung dan serangan jantung. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menghindari beberapa makanan cepat saji berikut dan menggantinya dengan alternatif yang lebih sehat.

  1. Pizza

Ragam Junk Food Yang Bisa Mengakibatkan Serangan Jantung (2)

Pizza memang sangat lezat, namun ternyata pizza tidak terlalu baik untuk kesehatan jantung. Sepotong irisan pizza mengandung 9,8 gram lemak dengan 4,4 gram lemak jenuh, dan 551mg natrium. Belum lagi, kebanyakan orang tak hanya makan sepotong irisan.

Agar lebih sehat, Anda bisa membuat pizza versi Anda sendiri di rumah. Raciklah adonan gandum, muffin Inggris, atau pitas. Kemudian tambahkan saus dan keju rendah lemak untuk menciptakan alternatif yang sehat untuk seluruh keluarga.

  1. Pasta

Ragam Junk Food Yang Bisa Mengakibatkan Serangan Jantung (2)

Selain pizza, hidangan asal Italia lain yang bisa menyebabkan serangan jantung adalah pasta. Pasta yang disajikan resetoran-restoran memiliki tambahan 1430 kalori, 81 gram lemak dengan 41 gram lemak jenuh, dan 4540 natrium.

Agar lebih sehat, cobalah pasta yang terbuat dari gandum. Rata-rata pasta yang terbuat dari gandum hanya mengandung 197 kalori, 0.8 gram lemak, dan merupakan sumber serat.

  1. Es krim

Ragam Junk Food Yang Bisa Mengakibatkan Serangan Jantung (2)

Tentunya Anda tahu bukan bahwa es krim memiliki kandungan lemak yang banyak? Satu kemasan es krim mengandung 14 gram lemak dengan 10 gram lemak jenuh, dan 22 gram gula untuk setiap ½ cangkir (sekitar dua sendok).

Anda bisa mengganti konsumsi es krim dengan yoghurt beku dengan kandungan setengah jumlah kalori dari es krim biasa dan hanya 3 g lemak dengan kandungan lemak jenuh 2 gram.

  1. Donat

Ragam Junk Food Yang Bisa Mengakibatkan Serangan Jantung (2)

Tahukah Anda bahwa dalam 1 buah donat rasa krim cokelat dipenuhi  20 gram lemak dengan 5 gram lemak jenuh, 23 gram gula, dan 38 gram karbohidrat?

Alternatif lain untuk mengganti donat yaitu havermut instan.  Havermut instan yang telah terbukti menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan metabolisme. Tambahkan beberapa buah segar pada havermut pada menu sarapan pagi Anda untuk mengawali hari.

  1. Keripik kentang

Ragam Junk Food Yang Bisa Mengakibatkan Serangan Jantung (2)

Anda suka makan keripik kentang? Perlu Anda ketahui bahwa satu kantong keripik kentang asin 1 ons mengandung 155 kalori, 10,6 gram lemak dengan lemak jenuh 3,1 gram, dan 149 mg natrium.

Jika rata-rata setiap tahun seseorang memakan 112 kantong 1 ons keripik kentang, maka jumlah itu setara dengan tujuh pon keripik kentang per tahunnya.

Cobalah mengganti cemilan Anda dengan roti pita dan hummus. Satu porsi pita mengandung tak lebih dari 100 kalori dan kurang dari satu gram lemak. Hummus lebih baik karena rendah lemak dan rendah kolesterol. (fmz/pm)

Comments
Loading...