Ragam Junk Food Yang Bisa Mengakibatkan Serangan Jantung (1)

Sejumlah makanan cepat saji sudah lama diketahui bisa menyebabkan lemak dalam tubuh yang bisa membawa pengauh buruk terhadap jantung

 

FENOMAGZ – Fenomen sering mengonsumi makanan cepat saji atau junk food? Jika ya, sebaiknya Anda mulai berhati-hati. Karena sejumlah makanan cepat saji sudah lama diketahui bisa menyebabkan lemak dalam tubuh yang bisa membawa pengauh buruk terhadap jantung.

Makanan cepat saji atau junk food kkaya akan lemak jenuh, natrium, dan kolesterol yang bisa meningkatkan resiko penyakit jantung dan serangan jantung. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menghindari beberapa makanan cepat saji berikut dan menggantinya dengan alternatif yang lebih sehat.

  1. Ayam goreng

Ragam Junk Food Yang Bisa Mengakibatkan Serangan Jantung (1)

Ya, siapapun rasanya tidak akan bisa menolak kelezatan ayam goreng, khususnya ayam goreng di restoran cepat saki. Kulitnya yang renyah serta dagingnya yang lembut dan berbumbu mampu membuat lidah Anda bergoyang. Namun tahukah Anda bahwa ayam goreng restoran cepat saji kaya akan sumber kolesterol dan lemak?

Empat potong ayam goreng restoran cepat saji mengandung 290 kalori, 63 gram lemak, dan 350 mg kolesterol.

Jika Anda ingin mengonsumsi ayam goreng namun tetap sehat, gantilah dengan ayam panggang. Dada ayam panggang tanpa kulit merupakan salah satu daging yang paling bergizi yang bisa Anda makan. Dada ayam panggang tersebut mengandung 120 kalori, 1,5 gram lemak, dan 70 mg kolesterol.

  1. Sosis

Ragam Junk Food Yang Bisa Mengakibatkan Serangan Jantung (1)

Selain sosis, makanan cepat saji lain yang bisa menyebabkan serang atau penyakit jantung adalah sosis. Tahukah Fenomen bahwa sosis bisa mendatangkan malapetaka pada arteri?

Setiapp sosis Italia panggang setidaknya  mengandung 22 gram lemak dengan 8 gram lemak jenuh dan 810 mg natrium tiap kali dipanggang. Cobalah ganti sosis Italia dengan sosis kalkun asap yang hanya mengandung 110 kalori, 6 gram lemak dengan 1,5 gram lemak jenuh.

  1. Kue Keju

Ragam Junk Food Yang Bisa Mengakibatkan Serangan Jantung (1)

Anda penggemar keju? Jika ya, pastinya Anda suka dong dengan kue keju (cheese cake)? Namun mulai sekarang, sebaiknya Anda mulai berpikir dua kali sebelum mencomot kue ini.

Setiap irisan kue keju terdapat banyak kandungan kalori dan asupan lemak, dengan rincian 860 kalori, 57 gram lemak, dan 80 gram karbohidrat.

Bagi Fenomen yang sangat ingin menyantap kue keju, pilihlah kue keju yang polos dengan kandungan 315 kalori, 20 gram lemak, dan 25 gram karbohidrat. Meskipun bukan pilihan yang sehat, keju polos tidak terlalu merusak jantung.

  1. Steak

Ragam Junk Food Yang Bisa Mengakibatkan Serangan Jantung (1)

Dalam daging merah terkandung lemak jenuh dan kolesterol yang tinggi yang bisa menyebabkan kerusakan arteri, apalagi jika dikonsumsi dalam jumlah besar. Membatasi konsumsi daging sapi sirloin maupun mentah dapat memberikan 594 kalori, 18,5 gram lemak dengan 6,8 gram lemak jenuh, dan 191 mg kolesterol. Jika digoreng, kalorinya, kolesterol dan garamnya akan bertambah banyak.

Jika Anda sangat ingin mengonsumsi daging, konsumsilah steak T-bone. Selain harganya yang tidak terlalu mahal, steak T-bone bisa jadi pilihan sehat untuk memenuhi keinginan makan daging merah.

  1. Burger

Ragam Junk Food Yang Bisa Mengakibatkan Serangan Jantung (1)

Fenomen, sebaiknya Anda berhati-hati dalam memilih burger karena salah memilih burger dapat berdampak besar bagi jantung. Satu Big Mac McDonald mengandung 540 kalori, 29 gram lemak, dan 1040 mg natrium.

Bahkan hamburger buatan sendiri di rumah seberat 3 ons dengan 80 persen daging sapi yang tipis saja masih mengandung lemak 14,8 gram dengan lemak jenuh 5,6 gram, dan 76 mg kolesterol.

Untuk mengganti daging sapi, Anda bisa menggantinya dengan dada kalkun. Setiap empat ons dada kalkun mengandung 120 kalori, 1 gram lemak tanpa lemak, dan 28 gram protein. Untuk menambah rasa, Anda bisa menambahkan lada bubuk, sejumput cayenne, dan sedikit garam. (fmz/pm)

Comments
Loading...