Ini Ragam Manfaat Garam Untuk Kesehatan

Judi

judi

Meskipun garam bisa membawa efek buruk jika dikonsumsi terlalu banyak, nyatanya manusia juga membutuhkan garam

Ini Ragam Manfaat Garam Untuk Kesehatan

FENOMAGZ – Pernahkah Anda makan makanan tanpa garam? Jika sayur tanpa garam saja rasanya tidak enak, bagaimana jika manusia hidup tanpa garam?

Meskipun garam bisa membawa efek buruk jika dikonsumsi terlalu banyak, nyatanya manusia juga membutuhkan garam.

Sejatinya, garam diperlukan untuk mengimbangkan kadar cairan dalam tubuh. Namun selain itu, ternyata garam juga memiliki manfaat kesehatan lain lho. Apa saja manfaat kesehatan tersebut? Ini dia ulasannya.

  1. Melancarkan metabolisme

Salah satu manfaat garam bagi kesehatan adalah membantu melancarkan metabolisme Anda. Metabolisme yang baik tentunya juga akan meningkatkan fungsi sistem dalam tubuh.

Garam mampu membantu menyerap air dalam tubuh demi kelancaran kerja organ tubuh. Hal itu disebabkan karena mineral dan nutrisi pada garam yang mudah menyerap dalam darah.

  1. Meringankan bronkitis dan masalah pernapasan lain

Manfaat lain garam untuk kesehatan lainnya yaitu untuk meringankan penyakit bronkitis dan sakit pernapasan lainnya. Garam berguna untuk menyerap ion berbahaya pada udara yang Anda hirup dan membantu melawan ion tersebut agar tak terserap ke dalam tubuh.

Oleh karena itu, garam sering dikonsumsi untuk meringankan sakit asma, bronkitis, dan masalah system pernapasan lain.

3. Membuat tubuh jadi rileks

Siapa sangka jika merendam tubuh menggunakan garam ternyata bisa membuat otot-otot Anda yang kaku menjadi rileks? Namun garam yang digunakan untuk berendam memang berbeda, yaitu garam kristal.

Anda bisa menuangkan garam kristal ke dalam bak mandi dan rendamlah seluruh tubuh Anda ke dalam bak tersebut.

Garam akan membuat otot-otot yang tegang dan kaku menjadi lemas. Tak hanya itu, garam juga bisa berperan sebagai detoksifikasi dan menurunkan tekanan darah pada tubuh.

  1. Mencegah hiponatremia

Fenomen pernah mendengar hiponatremia? Hiponatremia merupakan suatu kondisi dimana tubuh menderita kekurangan garam dalam cairan sel tubuhnya. Biasanya cairan tersebut akan keluar berupa keringat, diare, atau biasa dikenal sebagai intoksikasi air.

Oleh karena itu, untuk mempertahankan tekanan darah yang sehat beserta kelancaran fungsi saraf dan otot, tubuh sangat membutuhkan garam. Jika tubuh tidak tercukupi akan kebutuhan garam, maka akan terjadi ketidakseimbangan kadar air tubuh yang akan mengakibatkan terjadinya pembengkakan di tubuh karena sel-selnya kelebihan air.

5. Membersihkan mulut

Tentunya Anda sering mendengar bukan jika gigi atau gusi Anda sedang sakit, berkumurlah dengan oralit. Ya benar, tak hanya sebagai penyedap makanan, garam juga ternyata bermanfaat untuk membasmi bakteri yang menyebabkan infeksi di sekitar mulut Anda.

Jika gusi Anda sedang luka atau gigi Anda sedang ngilu, cobalah gunakan berkumur-kumur dengan larutan garam. Caranya cukup mudah, yaitu campurkan ½ sendok teh garam dengan  secangkir air hangat. Kemudian berkumurlah dengan larutan garam tersebut. Tindakan ini bisa mencegah pembengkan dan menenangkan sakit pada gusi.

6. Menjaga kesehatan pencernaan

Anda sedang menjalani program diet? Jika ya, biasanya orang yang sedang berdiet  tidak terdapat cukup garam pada tubuh. Hati-hati, kondisi tersebut bisa berdampak buruk lho.

Tubuh tidak akan cukup menghasilkan HCl (asam klorida) dalam perut dan kondisi tersebut akan semakin parah jika sebelumnya Anda memiliki riwayat kesehatan pencernaan yang kurang baik, seperti asam lambung. Jika kandungan garam dalam tubuh tercukupi, maka tubuh akan mencegah naiknya asam lambung ke tenggorokan. (fmz/pm)

Comments
Loading...