advertisement

Selain Menyegarkan, Berikut 7 Manfaat Makan Mentimun

Berikut 7 manfaat mengkonsumsi mentimun

judi

FENOMAGZ – Setiap kali makan ayam atau ikan penyet biasayanya akan di sertai dengan lalapan berupa beberapa potong mentimun. Rasanya ynag segar membuat mentimun pas untuk jadi makanan penutup.

Menurut anek studi, mentimun memiliki manfaat antidiabetes, antioksidan tinggi, serta dapat membantu mengeluarkan racun yang berada di dalam tubuh. Selain itu, mengkonsumsi timun juga akan memberikan manfaat lain.

Berikut 7 manfaat mengkonsumsi mentimun:

Kaya akan air

Sekitar 92 persen kandungan yang terdapat pada mentimun adalah air. Bila mengkonsumsi lima ons mentimun artinya sudah mengasup 150 ml air.

Baca juga: 4 Kelebihan Ini Hanya Dimiliki Wanita Dengan Payudara Kecil

Mendukung bagi kesehatan jantung

Mentimun mengandung kalium yang sangat penting untuk menurunkan tekanan darah. Sebuah studi menunjukkan bila asupan kalium seseorang akan tercukupi, menurunkan risiko terkena stroke atau penyakit jantung lainnya.

Dapat melindungi otak

Kandungan antiperadangan bernama fisetin yang terdapat dalam mentimun berperan penting bagi kesehatan otak. Salah satunya mengurangi potensi terkena penyakit saraf serta dapat membantu menjaga fungsi kognitif

Dapat mengurangi terkena kanker

Polifenol dalam mentimun berpotensi mengurangi risiko terkena penyakit kanker. Selain itu, ada kandungan bernama cucurbitacin dalam mentimun yang merupakan senyawa anti kanker.

Kurangi nyeri

Antiperadangan dalam mentimun bernama flavonoid terbukti dapat membatasi pelepasan radikal bebas di tubuh. Selain itu mampu mengurangi rasa sakit atau nyeri. Hal ini terungkap dalam Journal of Young Pharmacist yang mengatakan secara tradisional mengkonsumsi mentimun dapat di gunakan untuk mengurangi rasa sakit kepala.

Mencegah bau mulut

Kaya akan serat dan air membuat sayuran seperti mentimun mampu mendorong produksi air liur. Sehingga mampu membersihkan bakteri penyebab bau mulut.

Dapat menjaga berat badan sehat

Tidak perlu takut mengkonsumsi mentimun dalam jumlah yang banyak. Mentimun merupakan salah satu yang rendah kalori tetapi kaya akan serat. Sehingga mampu membuat perut kenyang serta mencegah konstipasi. (fmz/bb)

Comments
Loading...