Fenomagz
Unleash the Wild Side

Ternyata Bagini Lho Caranya Kopi Membangunkan Tubuh Anda

Setelah meminum seteguk demi seteguk, anda mulai merasa lebih waspada, focus, dan enerjik. Efek kafein yang ada di dalam kopi

0

 

FENOMAGZ – Banyak dari anda yang mengandalkan secangkir kopi atau the sebagai minum pembangkit semangat di pagi hari. Setelah meminum seteguk demi seteguk, anda mulai merasa lebih waspada, focus, dan enerjik. Efek kafein yang ada di dalam kopi atau the ditengarai menjadi penyebab kenapa anda bisa merasakan sensasi tersebut.

Lalu, seperti apa sih cara kerja kafein sehingga bisa membantu matamu melek?

Kafein akan membuatmu waspada dengan cara memblokir zat adenosine. Zat ini menempel pada reseptor neuron yang bisa menyebabkan serangkaian reaksi biokimia yang membuat neuron terbakar lebih lambat. Dengan kata lain, adenosine bekerja untuk membuatmu mengantuk.

Kafein yang dikenal sebagai reseptor antagonis adenosine bekerja dengan cara menggagalkan proses ini. Adenosine bekerja untuk menghambat neuron sementara kafein menghambat inhibitor tersebut.

Penelitian ini juga menjelaskan bahwa kafein juga bisa menyentuh reseptor dopamine, molekul di otak yang berfungsi untuk menghangkitkan perasaan bahagia. Sehingga tidak heran saat anda minum kopi, suasana hatimu yang buruk akan menurun dan tergantikan dengan rasa senang.

Meski memberikan efek positif, kafein juga memiliki efek samping lainnya berupa peningkatan denyut jantung, tekanan darah, serta keinginan untuk buang air kecil atau diare akibat dari lonjakan kewaspadaan dan suasana hati yang positif di dalam tubuh. Efek ini akan dimulai sejak 15 menit setelah anda minum kopi dan bertahan hingga 6 jam berikutnya.

Secara keseluruhan kopi bisa bekerja dengan cara mengubah susunan kimia di otak. Kopi juga memberikan efek positif dan efek negative secara bersamaan. Oleh karena itu konsumsilah kopi dengan bijak. Sebab jumlah kafein yang berlebihan dalam juga akan membuatmu mengalami sakit kepala, mudah lelah, serta suasana hati yang tidak menentu. (fmz/pz)

Baca juga:   Bumbu Dapur Yang Terbukti Mampu Mencegah Kanker
Comments
Loading...