Fenomagz
Unleash the Wild Side

Tips Cara Cepat Menyeduh Sayuran Tanpa Mengurangi Gizi, Warna dan Teksturnya

cara menyeduh sayur yang benar

0

FENOMAGZ – Seringkali di beberapa buku resep, kita diminta menyeduh sayur-sayuran. Sebut saja misalnya untuk urap, pecel, gado-gado, atau tumisan lainnya. Sayangnya, tidak pernah di jelaskan bagaimana cara menyeduh sayur yang benar tanpa mengurangi gizi dan tekstur si sayuran tersebut.

Mari kita simak tuntas tentang cara menyeduh sayur yang benar. Teknik ini juga sering di sebut Blanching. Kenapa harus di seduh? Pertanyaannya, kenapa pula harus di seduh kenapa tidak di rebus saja? Tentu saja proses ini terdapat tujuannya. Yuk, mari kita simak keterangan di bawah ini:

Menghilangkan kulit ari buah atau sayuran

Tidak semua buah dan sayuran harus di hilangkan kulit arinya sebelum di konsumsi. Karena kadang-kadang kandungan nutrisi paling tinggi justru terdapat dikulit sehingga sayang kalau di buang. Bahkan beberapa buah dan sayuran justru lebih baik dimakan bersama dengan kulitnya.

Baca juga: Alasan Mengapa Pasangan Bisa Lebih Jujur Setelah Bercinta

Mencerahkan warna sayuran                                                

Mencerahkan warna sayuran dapat menghilakan sebagian nutrisi yang terkandung di sayuran.

Mempertahankan tekstur yang renyah

Mempertahankan tekstur renyah pada sayuran dapat menghilangkan nutrisi dan memberikan efek samping.

Mematangkan sayuran hanya sampai setengah matang

Didalam sayuran hijau terdapat aneka nutrisi dengan kandungan antioksidan yang tinggi. Sayangnya, sayuran tak semuanya ditanam secara organik. Banyak sayuran yang mengandalkan pestistida untuk mengatasi hama yang menyerang. Dan ternyata, sekalipun sudah dicuci, sering kali kandungan petistida atau bahan kimia masih saja menempel.

Baca juga:   Tips Meredakan Sakit Kepala Tanpa Harus Minum Obat

Telah di terima laporan sejak tahun 1990, ada puluhan ribu kasus masyarakat yang mengalami keracunan akibat mengonsumsi sayur yang masih mengandung pestisida atau bakteri.

Menyimpan sayuran di Freezer

Sayuran dan buah-buahan yang di masukkan kedalam kulkas memang mengalami penurunan kelembapan air, karena tertahan di bagian freezer. Dan juga menyimpan makanan di kulkas adalah penurunan gizinya. Air adalah salah satu sumber gizi pada buah dan sayuran.

Berikut cara menyeduh sayuran yang benar:

1.Siapkan campuran air dan es di dalam baskom

2.Didihkan air dan sedikit garam

3.Masukan sayuran, biarkan saja 1 – 2 menit tergantung jenis sayurannya

4.Segera pindahkan sayuran kedalam air berisi es

5.Setelah cukup dingin, tiriskan sayuran

Itulah teknik menyeduh sayuran agar gizi dan tekstur asli sayuran tak akan hilang walaupun melalui proses penyeduhan. (fmz/bb)

Comments
Loading...