Yuk, Tuntaskan Bau Mulut Dengan Konsumsi Makanan Ini (2)

Makanan yang menumpuk di sela-sela gigi juga bisa jadi penyebab tiimbulnya bau mulut

FENOMAGZ – Fenomen punya masalah dengan bau mulut? Bau mulut memang bisa membuat orang jadi tidak percaya diri. Bau mulut bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor, seperti mulut kering, penumpukan karang gigi, dan juga gigi berlubang. Tak hanya itu, makanan yang menumpuk di sela-sela gigi juga bisa jadi penyebab tiimbulnya bau mulut.

Untuk mengatasi atau mencegah bau mulut, Anda bisa mengonsumsi beberapa makanan atau minuman berikut.

  1. Permen karet

Yuk, Tuntaskan Bau Mulut Dengan Konsumsi Makanan Ini (2)

Anda pernah mendengar bahwa permen karet bisa menghilangkan bau mulut? Permen karet yang mengandung xylitol dan bebas gula terbukti mampu mengurangi bau napas tak sedap karena dapat membuat lapisan gigi dan gusi menjadi licin dan bakteri akanmengikut.

Akan tetapi, akan lebih baik jika Anda menikmati permen mint yang mengandung xylitol sekitar lima menit setelah Anda makan.

  1. Paprika merah

Yuk, Tuntaskan Bau Mulut Dengan Konsumsi Makanan Ini (2)

Makanan lain yang dinilai mampu mencegah bau mulut adalah paprika merah. Paprika merah dan brokoli merupakan makanan yang mengandung vitamin C yang bisa membantu mengurangi populasi bakteri yang berhubungan dengan bau mulut. Mengonsumsi buah yang mengandung vitamin C seperti jeruk dan lemon juga bisa menjaga nafas Anda tetap segar. Hal tersebut karena vitamin C kaya akan antioksidan dan berfungsi melawan bakteri sehingga dapat sekaligus mengurangi racun pada tubuh.

  1. Apel

Yuk, Tuntaskan Bau Mulut Dengan Konsumsi Makanan Ini (2)

Makan satu buah apel sehari bisa membuat nafas Anda menjadi segar. Menurut sebuah penelitian, apel bisa membantu mengurangi nafas tak sedap akibat bawang putih. Tak hanya itu, apel juga dapat mengurangi bau mulut tak sedap yang muncul di pagi hari.

Pada saat Anda mengunyah sebuah apel, plak-plak pada gigi yang merupakan penyebab tumbuhnya bakteri bisa dihilangkan sehingga gusi dan gigi menjadi lebih bersih.

Mengonsumsi apel diketahui dapat mengurangi bakteri dalam mulut serta merangsang produksi air liur. Hal ini bisa membuat bakteri dalam mulut keluar dan nafas menjadi segar.

  1. Herbal

Yuk, Tuntaskan Bau Mulut Dengan Konsumsi Makanan Ini (2)

Thyme, oregano, cengkeh, kayu manis dan kapulaga merupakan beberapa tanaman herbal yang dipercaya mampu menghilangkan bau mulut.

Kapulaga dan eucalyptus mengandung zat yang disebut cineole dimana zat tersebut memiliki sifat antiseptik dan antibakteri yang mampu membuat mulut bau menjadi terasa segar.

Selain itu, peterseli dan ketumbar juga bisa menjinakan nafas tidak segar. Peterseli dan ketumbar kaya akan pigmen hijau klorofil yang bersifat alkali, yaitu untuk membersihkan tubuh serta menyerang bakteri di mulut sehingga membuat mereka tidak efektif. Klorofil juga memiliki kemampuan detoksifikasi. (fmz/pm)

Comments
Loading...