Fenomagz
Unleash the Wild Side

Waspada, Bagi Anda yang Sering Makan Siang Dimeja Kerja

Makan siang di meja kerja memang terkesan sepele namun, tahukah anda bila ada bahaya mengintai bila sering makan siang di meja kerja

0

 

FENOMAGZ – Pekerjaan yang menumpuk hingga tenggat waktu yang terbatas terkadang membuat anda mungkin rela menunda jam makan siang. Selain menunda, solusi lain yang kerap dilakukan adalah makan siang di meja kerja.

Makan siang di meja kerja memang terkesan sepele namun, tahukah anda bila ada bahaya mengintai bila sering makan siang di meja kerja? Ya, makan siang di meja kerja sebenarnya bukanlah kebiasaan yang baik.

Terlalu sering duduk di belakang meja kerja selama berjam-jam dapat meningkatkan stres. Duduk terlalu lama juga memicu menimbulkan banyak masalah kesehatan, seperti sakit punggung, kelamin kaki, hingga meningkatkan risiko sakit jantung.

Berikut ini adalah beberapa alasan anda sebaiknya mulai meninggalkan kebiasaan makan siang di meja kerja.

Meningkatkan risiko kesehatan jangka panjang

Pekerjaan sehari-hari di kantor sudah membuat anda duduk berjam-jam lamanya, apalagi bila ditambah dengan makan siang di meja kerja. Duduk terlalu lama bisa meningkatkan risiko penyaikt jantung, tekanan darah tinggi, kolestrol, hingga meningkatkan risiko diabetes. Inilah yang menyebabkan makan di meja kerja sebenarnya bukan kebiasaan yang sehat.

Mengalami nyeri sendi

Nyeri sendi merupakan kondisi yang tidak bisa dihindari yang mungkin terjadi saat anda tetap makan di meja kerja. Duduk berjam-jam menyebabkan ketegangan pada otot dan persendian. Duduk lama juga bisa melemahkan otot pinggul serta memberi efek pada bagian tubuh lainnya.

Stres

Pekerjaan sudah pasti membuat anda stres. Nah makan di meja kerja bisa membuat stres semakin meningkat. Ini dapat menyebabkan anda menjadi lelah.

Baca juga:   Ini dia Mantap nya Kopi Gula Aren Diminum saat Puasa

Timbul masalah pada otak

Saat sumber energi habis, kondisi sela jutnya adalah otak akan berkabut. Oleh karena itu, anda harus bergerak untuk memompa darah segar berisi oksigen ke otak. Bila waktu dihabiskan dengan duduk berjam-jam maka proses tersebut tidak akan berjalan.

Produktivitas menurun

Siapa sangka makan di meja kerja bisa menyebabkan produktivitas anda menurun. Anda tidak lagi dapat mengerjakan banyak tugas seperti yang biasa dilakukan sebelumnya. Hal ini dapat menyebabkan penurunan kualitas kerja dan anda sulit konsentrasi.

Stamina menurun

Bukan hanya produktivitas, stamina tubuh anda juga mengalami penurunan. Tetap berada dalam mode kerja setiap saat bisa menyebabkan kelelahan. Karena itu, penting untuk memberi tubuh waktu relaksasimenghilangkan penat.

Berkurangnya kreativitas

Selalu berkutat di depan meja kerja bisa memicu stres sehingga berujung pada berkurangnya kreativitas. Sebaiknya keluar ruangan sesekali untuk membantu mengalihkan pekerjaan yang sulit. Duduk diam di depan layar komputer hanya akan membuat anda frustrasi. (fmz/pz)

Comments
Loading...