6 Keuntungan Sehat Bagi Anda Yang Mempunyai Saudara

Berikut ini 6 keuntungan sehat yag didapat jika memiliki saudara

FENOMAGZ – Sebagian besar orang di dunia ini terlahir dengan memiliki saudara kandung, entah jumlahnya 1 atau lebih. Meski saat masih kecil kamu sering sekali berantem dengan saudaramu, menurut beberapa penelitian kesehatan, punya saudara bisa memberikanmu manfaat sehat.

Baca juga: Berapa Lamakah Durasi Saat Berhubungan Seks Yang Normal?

Berikut ini 6 keuntungan sehat yag didapat jika memiliki saudara:

Membawa kebahagiaan

Dengan memiliki saudara kandung, maka kamu pun tak merasa sendirian di dalam rumah ketika orang tua sedang sibuk bekerja. Kamu bisa berbagi berbagai macam cerita dan masalah sehingga bebanmu akan terasa lebih ringan. Bahkan penelitian di Swedia menemukan bahwa hubungan persaudaraan yang sehat bisa membuatmu jadi lebih bahagia.

Mengurangi risiko alergi dan asma

Risiko alergi dan asma pun bisa berkurang. Penelitian di tahun 2016 mengatakan bahwa bayi yang lahir dari ibu yang sebelumnya telah hamil memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat untuk melawan serangan penyakit berbahaya.

Mendukung kesehatan mental

Jika kamu memiliki saudara perempuan dan hubungan persaudaraan tersebut berjalan dengan baik, kamu akan cenderung memiliki kesehatan mental yang baik. Sebab, dengan adanya saudara perempuan entah itu lebih tua atau lebih muda, kamu akan terbebas dari perasaan sendiri dan murung di masa remaja.

Mengembangkan kemampuan bersosialisasi

Dengan memiliki saudara, kemampuanmu untuk bersosialisasi juga akan meningkat. Tidak seperti anak tunggal yang canggung secara sosial, anak-anak yang tumbuh dengan setidaknya 1 atau lebih jumlah saudaranya, maka akan memiliki kemampuan untuk bersosialisasi atau berkomunikasi dengan lebih baik.

Memiliki goal dan tujuan hidup

Memiliki saudara juga akan membuatmu memiliki orientasi atau tujuan hidup yang lebih jelas. Sebab saudara yang lebih tua akan cenderung mengajarimu untuk menantang diri dan mengatur hidup. Sedangkan dengan saudara yang lebih muda, maka kamu akan termotivasi untuk memberikan contoh yang baik.

Memiliki kemampuan untuk berempati

Penelitian menemukan bahwa orang yang tumbuh sebagai anak tertua sering bertindak sebagai mediator dan berperan untuk menjaga perdamaian dalam kehidupan bersaudara. Proses inilah yang akan melatih mereka menjadi makhluk yang lebih berempati.

Ternyata meskipun kamu sering berantem dengan saudara, persaudaraan yang kamu miliki bisa memberikan dampak positif untuk kesehatan tubuh, khususnya kesehatan mental. Oleh karena itu jaga hubungan persaudaraanmu dengan baik ya. (fmz/bb)

Comments
Loading...