Ini 4 Alasan Mengapa Fenomen Harus Sering Berpelukan

Judi

judi

Secara ilmiah, berpelukan ternyata memiliki banyak manfaat lho Fenomen

 

FENOMAGZ – Semua orang pasti pernah berpelukan. Pelukan merupakan kebutuhan semua manusia. Perasaan hangat dan nyaman yang timbul ketika mendapat pelukan dari keluarga atau orang yang tersayang tidak bisa digantikan oleh apapun.

Namun, tahukah Fenomen bahwa secara ilmiah berpelukan memiliki banyak manfaat? Apa saja manfaat berpelukan tersebut? Berikut uraiannya.

  1. Menjauhkan penyakit infeksi

manfaat sering berpelukan

Seorang profesor psikologi dari Amerika Serikat melakukan penelitian soal manfaat berpelukan dan hubungannya dengan pencegahan infeksi penyakit. Hasilnya menunjukkan bahwa ternyata ada kaitan erat antara frekuensi berpelukan yang didapat seseorang dengan resiko tertular penyakit.

Penelitian menemukan bahwa seseorang yang sering dipeluk memiliki level stres yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang jarang mendapatkan pelukan. Sehingga resiko mereka terserang infeksi penyakit pun semakin kecil.

  1. Menjaga kesehatan jantung

manfaat sering berpelukan

Menurut penelitian yang dipublikasikan pada tahun 2011, berpelukan memiliki efek yang sama seperti olahraga lari bagi kesehatan jantung. Berpelukan bisa membuat tekanan darah Anda terkontrol dan menjaga irama jantung Anda tetap normal.

Seorang pakar mengatakan bahwa hal tersebut ada hubungannya dengan tingkat stres dan rasa gelisah yang berkurang ketika berpelukan akibat turunnya hormone kortisol di dalam darah.

Manfaat Berpelukan Usai Bercinta

  1. Meningkatkan oksitosin

manfaat sering berpelukan

Berpelukan juga dapat meningkatkan kadar hormon oksitosin dalam tubuh. Oksitosin atau yang dikenal juga sebagai hormon kasih sayang merupakan hormon yang bertanggung jawab terhadap rasa senang, bahagia, dan cinta kasih.

Seseorang yang sering berpelukan dan memiliki kadar oksitosin tinggi akan lebih jarang merasa lelah, lebih bersyukur, dan berfungsi dengan baik secara sosial maupun secara individual.

Hormon oksitosin membantu menghasilkan perasaan tenang dalam diri seseorang. Selain itu, berpelukan juga dapat membantu mengurangi stres, menurunya tekanan darah, bahkan menurunkan rasa sakit.

Hal Sederhana Yang mampu Membangkitkan Gairah Wanita

  1. Menambah kepuasan bercinta

manfaat sering berpelukan

Studi soal hubungan saling berpelukan dengan kepuasan seks dan keintiman pasutri dilakukan peneliti di Cognition and Affect Regulation Laboratory, University of Lausanne, Swiss. Ketua peneliti mengatakan bahwa pada prinsipnya seseorang merasakan emosi positif setelah berhubungan intim, bahkan dalam waktu 6 bulan setelahnya.

Pasangan yang sering melakukan seks, secara umum merasa lebih puas. Namun kepuasan dan keintiman lebih besar mereka rasakan ketika ada perilaku yang menunjukkan kasih saying, seperti memeluk. (fmz/pm)

Comments
Loading...