Fenomagz
Unleash the Wild Side

Ternyata Kesehatan Istri Menentukan Kelanggengan Dalam Rumah Tangga

berikut ini penjelasan mengapa kesehatan istri dapat menentukan kelanggengan

0

FENOMAGZ – Ketika menikah, pasangan tentunya sudah berjanji untuk saling menjaga di kala senang dan susah maupun di kala sehat dan sakit. Namun penelitian terbaru mengungkap bahwa ketika seorang istri sakit, rumah tangganya akan terancam bubar jalan. Hasil penelitian terbaru mengungkap bahwa sakit serius bisa meningkatkan risiko perceraian. Namun ini lebih berpengaruh ketika sang istri yang sakit, bukan suami.

Baca juga: Benarkah Rajin Naik Ranjang Dapat Membuat Kulit Kencang?

Hasil ini didapatkan peneliti setelah melakukan pengamatan terhadap 2.700 pasangan yang sudah menikah selama 20 tahun. Mereka menemukan bahwa dua per tiga pernikahan tersebut berakhir dengan perceraian dan setengah di antaranya diakibatkan oleh istri yang jatuh sakit.

“Kami menemukan bahwa wanita lebih rentan bercerai jika mereka memiliki penyakit yang serius. Jika istri yang sakit, maka kemungkinan bercerai lebih tinggi,” ungkap Dr Amelia Karraker

Meski penelitian ini tidak mengorek terlalu dalam hingga menemukan alasan di balik hal tersebut, namun Dr Karraker berpendapat bahwa hal ini berkaitan dengan peran wanita sebagai pengurus rumah tangga. Wanita memiliki kemampuan lebih baik dalam merawat orang lain, termasuk suaminya.

“Norma sosial berdasarkan gender selama ini menunjukkan bahwa sulit bagi pria untuk memberikan perawatan pada istrinya yang sakit,” jelas Dr Karraker.

Hal ini disetujui oleh Rachel Sussman, seorang ahli dalam hubungan interpersonal dari New York. Menurutnya secara biologis wanita diprogram untuk memiliki kemampuan merawat orang lain. Hal ini sulit dilakukan oleh pria. Sussman berpendapat bahwa bisa jadi pria mengalami kesulitan dan tak sabaran untuk terus mengurus istrinya yang sakit serius. Pria juga bisa mengalami trauma karena hal itu.

Baca juga:   Manfaat Unik Kopi Yang Perlu Fenomen Ketahui

Menurut teorinya, pria cenderung sulit menerima kelemahan pada diri mereka, sehingga konsekuensinya mereka juga sulit menerima kelemahan dari orang lain. Sakit yang serius bisa memunculkan perasaan yang lemah dan tak aman. Ini bisa membuat mereka ‘kabur’. Namun penelitian ini tidak menunjukkan bahwa pria tak baik. Menurut peneliti, tak jarang wanita yang minta diceraikan karena merasa suami mereka tak bisa merawat mereka dengan baik. (fmz/bb)

Comments
Loading...