Fenomagz
Unleash the Wild Side

10 Benda Paling Kotor di Kantor Yang Perlu Fenomen Waspadai

0

Tak hanya toilet, beberapa benda di kantor ini juga banyak mengandung kuman

 

FENOMAGZ – Menjaga kebersihan adalah salah satu bagian dari gaya hidup sehat. Sayangnya, terkadang kita kurang memperhatikan kebersihan benda-benda sekitar yang justru bisa memicu penyakit.

Tidak hanya toilet dan handphone yang banyak mengandung kuman dan bakteri. Coba tengok lingkungan tempat dimana Anda bekerja dan paling banyak menghabiskan waktu. Ternyata banyak barang tak terduga di kantor yang sebenarnya penuh kuman dan bakteri. Berikut adalah 10 barang di kantor yang patut diwaspadai karena banyak kuman dan bakteri.

  1. Dispenser

office water dispenser

Sehari-hari pasti Anda beberapa kali mengunjungi dispenser untuk mengisi ulang air. Namun, tak banyak yang tahu jika benda tersebut menyimpan banyak kuman yang jika terpapar bisa membuat Anda sakit. Menurut Public Health Organisastion, ada 2,7 juta kuman per inci persegi di keran dispenser tersebut.

  1. Kulkas

kulkas

Kulkas bisa menjadi area yang paling kotor di kantor. Bayangkan saja ada berapa banyak tangan yang menyentuh kulkas setiap hari dan memasukkan berbagai macam hal. Apalagi pegawai kantor tentu jarang membersihkan kulkas yang bisa menyimpan 7.850 bakteri koloni per centimeter persegi itu.

  1. Microwave

microwave kantor

Microwave biasa digunakan para pekerja untuk menghangatkan berbagai macam makanan. Kombinasi partikel dalam daging dan sayuran pun bisa menjadi sarang bakteri. Apalagi kuman suka berkembang di daerah hangat, lembap, dan makanan. Hal tersebut bagian dalamnya berpotensi mengganggu kesehatan.

  1. Tempat Sabun Cair

tempat sabun cair

Siapa sangka tempat Anda membersihkan tangan juga penuh dengan kuman dan bakteri. Studi yang dilakukan University of Arizona mengungkap bahwa tempat sabun cair  mengandung bakteri feses. Tapi jika Anda mencuci tangan dengan sabun setelah menyentuhnya, tidak akan apa-apa.

Baca juga:   Bahaya Onani Bagi Kesehatan Pria, Serta Ini Caranya Menghentikan Kebiasaan Onani
  1. Meja Sendiri

messy desk office

Apabila di atas meja kantor pribadi Anda terdapat banyak barang dan Anda jarang membersihkannya, sudah pasti akan banyak kuman dan bakteri. Dilansir situs Hassel, ada 10 juta kuman yang bisa ditemukan di meja kerja kebanyakan orang. Jumlah tersebut 400 kali lebih banyak dari dudukan toilet.

  1. Keybord Laptop/ Komputer

dusty keyboard

Begitu pula dengan keyboard tempat Anda mengetik. Ketika Anda bekerja delapan jam tanpa henti setiap hari, sel kulit, bekas makan, hingga keringat bisa menyebar di sela-sela keyboard sehingga menimbulkan 3.295 bakteri per inci persegi. Karenanya sering-seringlah membersihkan area itu.

  1. Mouse

mouse yang berdebu

Sama seperti keyboard, mouse Anda juga kotor. Terlebih 10% pekerja yang disurvei mengaku tidak pernah membersihkan mouse mereka. Padahal mouse mengandung 1.676 mikroba per inci persegi. Dan lagi-lagi lebih banyak daripada bakteri di dudukan toilet.

  1. Printer

office printer

Printer atau mesin fotokopi bisa menjadi tempat bersarangnya kotoran. Kebanyakan printer disentuhkan hampir 300 kali sehari oleh orang yang berbeda. Tak terbayang berapa banyak kuman dan bakteri yang ada di benda tersebut. Untuk itu, lap dengan tisu basah tombol-tombol di mesin fotokopi sebelum menyentuhnya.

  1. Headphone

using headphone

Benda lain yang tak disangka menyimpan banyak bakteri adalah headphone. Apalagi jika Anda suka berbagi atau saling pinjam headphone dengan teman-teman. Bakteri menyebar karena serat rambut, keringat, dan kotoran telinga yang bisa bertambah 700 kali lipat dalam satu jam pemakaian. Akibatnya, Anda bisa mengalami ruam kuping dan telinga, serta diserang kutu.

Baca juga:   Yoga Bisa Membantu Mengatasi Depresi Pada Pria
  1. Pulpen

using pen

Hindari pula berbagi pulpen dan pensil dengan banyak orang. Apalagi jika Anda tahu alat tulis tersebut suka digigit-gigit. Hindari pula menggigit pulpen karena bisa mentransfer bakteri dan kuman ke mulut. (FMZ/PM)

Comments
Loading...