4 Fakta Menarik Tentang Vitamin K yang Harus diketahui

Berikut ini 4 fakta menarik yang harus Anda ketahui tentang vitamin K

FENOMAGZ – Semua orang tentu familiar dengan vitamin A, B, C, D, atau E. Namun masih sedikit yang memahami dengan jelas mengenai vitamin K. Vitamin K biasanya terdapat pada sayuran hijau seperti bayam, kale, brokoli, dan kubis brussel.

Baca juga: Rajin Bersepeda Hingga Jarang Flossing Sebabkan Pria Menderita Ejakulasi Dini

Ada dua jenis vitamin K, yaitu K1 dan K2. Vitamin K1 isa ditemukan pada bayam, kale, dan brokoli. Sementara vitamin K2 bisa ditemukan pada kuning telur, hati, dan beberapa jenis keju. Anda mungkin juga pernah mendengar tentang vitamin K3, yaitu vitamin sintetis yang tidak digunakan pada manusia.

Berikut ini 4 fakta menarik yang harus Anda ketahui tentang vitamin K:

Pembekuan darah

Beberapa perusahaan kosmetik mengklaim bahwa vitamin K mampu mengurangi warna kemerahan pada kulit dan memperbaiki pembuluh darah yang rusak dan terlihat pada kulit. Selain itu, vitamin K juga baik untuk mengobati bekas terbakar matahari dan perawatan luka. Manfaat vitamin K lainnya yang lebih penting adalah membantu proses pembekuan darah ketika tubuh mengalami luka. Tanpa proses pembekuan darah tersebut, luka terbuka akan menyebabkan darah terus mengalir dan bahkan bisa berujung pada kematian.

Melindungi jantung dan arteri

Protein bergantung pada tingkat vitamin K untuk mengurangi kolesterol pada pembuluh darah arteri dan vena. Ini berarti vitamin K bisa membantu menurunkan kolesterol dan kemungkinan seseorang terkena penyakit jantung. Sebuah penelitian tahun 2009 mengungkap bahwa vitamin K juga bisa melindungi tubuh dari penyakit jantung koroner.

Menguatkan tulang pada wanita

Bagi wanita, vitamin K adalah bagian penting untuk menjaga kepadatan tulang. Vitamin K bisa mencegah terjadinya osteoporosis dan retak pada tulang pinggul. Sebuah penelitian di American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa kekurangan vitamin K merupakan salah satu penyebab wanita memiliki tulang yang rapuh. Sayangnya hal ini tidak berlaku pada pria.

Tanda kekurangan vitamin K

Vitamin K berkaitan dengan proses pembekuan darah. Tanda ketika seseorang kekurangan vitamin K biasanya ditunjukkan dengan pendarahan yang tak segera menutup. Tanda-tanda luka yang tak jelas asalnya juga bisanya menunjukkan bahwa seseorang kekurangan vitamin K. (fmz/bb)

Comments
Loading...