4 Masalah Kulit yang Sering Dikira Jerawat Biasa (Padahal Bukan)

Berikut ini 4 masalah kulit yang dikira jerawat wajah ternyata bukan

FENOMAGZ – Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang paling umum. Setiap orang setidaknya pernah sekali punya jerawat di wajahnya. Namun saking umumnya, banyak orang yang salah menganggap bintil merah di wajahnya hanya jerawat wajah biasa padahal mungkin lebih serius dari itu. Ada beberapa masalah kulit yang menimbulkan gejala mirip jerawat.

Baca juga: Kopi Transparan Sampai Stroberi Ungu, Berikut 6 Penemuan Makanan Paling Aneh Di Dunia

Berikut ini 4 masalah kulit yang dikira jerawat wajah ternyata bukan:

Pitisporum folikulitis                                       

Pitisporum folikulitis adalah infeksi jamur kulit yang menyebabkan folikel rambut teriritasi dan meradang. Kondisi kulit ini menampakkan gejala yang mirip dengan jerawat wajah biasa. Pitisporum folikulitis dapat di alami oleh pria dan wanita karena hampir semua orang memiliki ragfi di kulitnya. Namun, hanya beberapa saja yang akan mengalami iritasi folikel ini.

Folikulitas gram negatif

Berbeda dengan pitisporum folikulitis, iritasi folikel rambut ini di sebabkan oleh bakteri garam negatif. Jad, infeksi bakteri ini kerap kali terjadi pada pasien yang menggunakan antibiotik dalam jangka panjang untuk mengatasi rosacea.

Dermatitis perioral

Dermatitis perioral adalah masalah kulit yang menimbulkan gejala bintil-bintil merah yang hampir mirip seperti jerawat wajah. Masalah kulit ini sering muncul pada bagian sekitar mulut. Iritasi kulit ini banyak terjadi akibat penggunaan krim steroid dalam jangka waktu yang lama.

Ingrown hair (rambut tumbuh kedalam)

Ingrown hair adalah kondisi rambut yang tumbuhnya ke dalam kulit bukannya ke kuar kulit. Ketika rambut-rambut ini tumbuh ke dalam bagian kulit, maka biasanya akan timbul benjolan-benjolan kecil, iritasi kulit, dan sedekit rasa nyeri. Ingrown hair yang kronis dapat menyebabkan timbulnya keloid hingga penggelapan kulit. (fmz/bb)

Comments
Loading...