4 Masalah Umum Pada Mata dan Cara Mengatasinya

Berikut ini 4 masalah mata yang umum terjadi dan cara mengatasinya

FENOMAGZ – Di musim kemarau yang akan datang, kesehatan mata Anda dapat terancam. Penyebabnya, debu yang beterbangan serta udara kering selama musim kemarau dapat mengganggu kesehatan mata.

Baca juga: Ternyata 18 Persen Orang Dewasa Menyukai ‘Sexting’

Berikut ini 4 masalah mata yang umum terjadi dan cara mengatasinya:

Bisul di mata

Bisul dapat terjadi di mata Anda. Hal ini disebabkan karena penumpukan sel-sel mati dan kuman yang kemudian menimbulkan bakteri penyebab bisul. Saat Anda mengalami hal ini maka jangan menggosok kelopak mata Anda terutama ketika tangan Anda kotor. Hindari pula untuk mencoba mengempiskan bisul sebab hal ini akan menyebabkan peradangan.

Konjungtivitis atau flu mata

Flu pun bisa terjadi di mata atau konjungtivitis. Flu ini ditandai dengan mata merah dan berair. Agar penyakit ini tidak bertambah parah, jangan coba untuk menggosok mata Anda, menggunakan lensa kontak, kosmetik mata, dan hindari berenang untuk sementara waktu.

Mata kering

Debu dan paparan sinar matahari yang berlebihan saat musim kemarau dapat membuat mata Anda menjadi kering. Agar Anda terhindar dari gangguan ini, gunakanlah kacamata hitam ketika sedang beraktivitas di luar ruangan. Konsumsi pula makanan yang mengandung asam lemak omega 3 tinggi untuk membantu Anda agar terhindar dari gangguan mata kering.

Alergi mata

Alergi mata terjadi ketika mata Anda menjadi merah, gatal, bengkak, dan berasa panas seperti terbakar. Pemicunya dapat berupa karena debu di musim kemarau, penggunaan kosmetik mata, serta serbuk bunga. Oleh karena itu gunakan kacamata hitam atau kacamata transparan saat Anda sedang berada di luar ruangan. (fmz/bb)

Comments
Loading...