4 Tahap Seseorang Mengidap Penyakit Sipilis

Berikut ini 4 tahap seseorang mengidap penyakit sipilis

FENOMAGZ – Sipilis merupakan sebuah penyakit kelamin yang dapat menyebabkan komplikasi dalam jangka panjang jika tidak segera diobati dengan benar. Tanda-tanda gejala sipilis pada orang dewasa, baik pria maupun wanita, berbeda tergantung pada tahapannya, yaitu tahap primer, sekunder, laten dan akhir. Anda dapat terkena sipilis ketika melakukan kontak langsung dengan luka sipilis selama melakukan seks vaginal, anal, atau oral.

Baca juga: Bahaya Atau Tidak Sakit Kepala Usai Bercinta?

Luka sipilis dapat ditemukan pada penis, vagina, anus, dalam rektum, atau pada bibir dan mulut. sipilis juga dapat menyebar dari ibu yang terinfeksi kepada bayi yang belum lahir. Berikut ini 4 tahap seseorang mengidap penyakit sipilis:

Tahap primer

Pada tahap ini, luka yang tidak menimbulkan rasa sakit akan muncul di tempat di mana bakteri masuk ke dalam tubuh. Hal ini biasanya terjadi dalam waktu 3 minggu dari paparan, dengan kisaran antara 10-90 hari. Seseorang dapat sangat menular selama tahap primer ini.

Tahap sekunder

advertisement

Tahap ini ditandai dengan ruam yang muncul selama 2-12 minggu setelah luka berkembang dan terkadang bahkan sebelum ia sembuh. Gejala lain mungkin terjadi, yang berarti bahwa infeksi telah menyebar ke seluruh tubuh. Seseorang juga akan sangat menular pada tahap sekunder. Ruam sering berkembang pada seluruh tubuh dan umumnya termasuk telapak tangan dan kaki.

Tahap laten (tersembunyi)

Jika tidak diobati, orang akan maju ke tahap laten. Ini adalah tahapan setelah seseorang terinfeksi. Setelah ruam pada tahap sekunder hilang, seseorang tidak akan memiliki gejala apapun dalam beberapa waktu (tahap laten). Tahapan ini mungkin dapat sesingkat satu tahun atau dapat berkisar antara 5-20 tahun.

Selama tahap ini, diagnosis yang akurat hanya dapat dilakukan melalui tes darah, pengalaman seseorang, atau kelahiran anak dengan sipilis kongenital. Seseorang akan menularkan virus selama periode awal tahap laten dan mungkin juga menular selama tahap laten jika tidak ada gejala yang hadir.

Tahap akhir

ni adalah tahapan yang paling menular dari sipilis. Jika tidak diobati, tahap akhir ini mungkin akan muncul dalam waktu dini, yaitu 1 tahun setelah terinfeksi atau setiap saat selama ia hidup. Seseorang dengan sipilis mungkin tidak pernah sampai pada tahap ini. Tahap ini akan menyebabkan masalah pembuluh darah dan jantung yang serius, gangguan mental, kebutaan, masalah sistem saraf, dan bahkan kematian. Tanda-tanda tahap akhir tergantung kepada komplikasi yang berkembang. (fmz/bb)

advertisement

Comments
Loading...