5 Alasan Kesehatan yang Menjadikan Renang Sebagai Olahraga Terbaik

Berikut ini 5 manfaat dari berenang bagi kesehatan

FENOMAGZ – Menemukan menu latihan olahraga yang cocok memang cukup susah untuk tiap individu. Porsi dan kemampuan yang berbeda tiap orang, membuat ribuan rekomendasi yang bisa kita temui dari televisi maupun internet serasa makin membingungkan.

Baca juga: Konsumsi Semangkuk Oatmeal, Rahasia Tidur Nyenyak Malam Ini

Mungkin kamu sedang malas untuk mengeluarkan uang lebih untuk membayar kelas yoga, atau sedang malas pergi jogging karena cuaca sedang tidak menentu. Berenang mungkin bisa jadi salah satu solusinya.

Berikut ini 5 manfaat dari berenang bagi kesehatan:

Air dapat menenangkan

Air sudah lama menjadi simbol pembaharuan dan kejernihan. Meski hanyalah sebuah simbol, riset telah membuktikan bahwa air mempunyai kekuatan. Menurut penelitian, air mempunyai efek yang kuat untuk otak kita.

Menghabiskan waktu di dekat air, mempunyai manfaat yang sama dengan meditasi. Hal ini dapat memberikan otak sedikit relaksasi dari rangsangan berlebihan yang otak kita dapatkan melalui aktivitas modern sehari-hari.

Berenang punya risiko yang kecil

Tidak seperti jogging atau latihan berat lain, berenang adalah cara untuk mendapatkan cardio di latihan rutinmu tanpa membuat tulang, sendi dan otot menjadi stres. Kamu tak akan merasakan sakit-sakit seperti ketika kamu habis melakukan latihan berat.

Berenang dapat membuatmu lebih dekat dengan alam

Jika kamu adalah orang yang beruntung bisa berenang di laut, danau, atau sungai, ini justru jadi kelebihan besar dalam hal kesehatan. Studi menunjukkan bahwa menghabiskan waktu di alam, dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental secara signifikan.

Berenang membangun kekuatan dan kemampuan kardio secara bersamaan

Meski berenang adalah olahraga yang berdampak kecil bagi badan, berenang memproduksi hasil yang cukup kuat. Biasanya berenang digolongkan menjadi latihan semacam aerobik, berenang dapat meningkatkan daya tahan tubuh dalam berolahraga dan menambah kekuatan.

Berenang dapat membuat paru-paru menjadi sehat

Beberapa riset menunjukkan bahwa ada hubungan antara perenang dengan kapasitas paru-paru yang lebih baik daripada orang biasa. Dengan paru-paru yang sehat, tubuh dapat memproses oksigen dengan lebih efektif. Hal ini akan membuatmu tak mudah kehilangan napas dengan mudah.

Paru-paru yang lebih kuat juga dapat membuatmu lebih kebal pada penyakit. Menurut sebuah studi yang dihelat tahun 2007, kapasitas paru-paru yang menipis dapat membuat seseorang lebih rentan terkena penyakit kardiovaskular. (fmz/bb)

Comments
Loading...