Beranda Healthy 5 Fakta Kalsium yang Harus Diketahui

5 Fakta Kalsium yang Harus Diketahui

kalsium

FENOMAGZ – Tentu Anda sudah tak asing lagi dengan kalsium, nutrisi yang dibutuhkan oleh tulang, gigi, dan tubuh Anda. Namun, mungkin Anda belum mengetahui beberapa fakta penting mengenai kalsium. Apa saja hal yang harus Ada ketahui tentang nutrisi ini?

Baca juga: Fakta Mengapa Pria Menyukai Wanita Berbokong Besar

Berikut ini 5 fakta kalsium yang harus diketahui:

Mengetahui takaran yang benar

Wanita yang akan mengalami menopause dan pria yang berusia di bawah 50 tahun harus mendapatkan 1.000 mg kalsium setiap hari. Sedangkan wanita dan pria yang sudah melewati masa menopause dan berusia di atas 50 tahun memerlukan 1.200 mg kalsium.

Pikirkan berapa banyak kalsium yang sudah Anda penuhi

Tuliskan apa yang Anda makan setiap hari dan bandingkan dengan daftar asupan kalsium yang ada pada makanan. Biasanya tiga porsi makanan yang mengandung kalsium sudah cukup dalam sehari. Misalkan Anda makan yogurt saat sarapan, keju saat makan siang, dan es krim. Juga pertimbangkan makanan yang mengandung kalsium tambahan seperti sereal, jus jeruk, dan multivitamin. Anda tak harus menghitung secara detail, cukup diperkirakan saja.

Berhitung

Sekarang, jika menurut Anda kebutuhan kalsium sebesar 1.000 – 1,200 mg sudah terpenuhi, maka Anda tak perlu lagi mengonsumsi suplemen. Jika Anda kekurangan kalsium, baru Anda boleh mengonsumsi suplemen. Namun, perhatikan takarannya dan jangan sampai berlebihan.

Jangan konsumsi semuanya

Tubuh Anda tak bisa menyerap 600 mg kalsium sekaligus. Jadi, jangan mengonsumsi kalsium dalam jumlah banyak dalam satu waktu. Tubuh Anda tak akan bisa menyerap manfaatnya. Bagi asupan kalsium dalam beberapa bagian, dan konsumsi secara bergantian. Ini akan memudahkan tubuh Anda untuk menyerap kalsium secara maksimal.

Konsumsi vitamin D juga

Seperti yang Anda ketahui, vitamin D sangat diperlukan untuk proses penyerapan kalsium. Vitamin D tak harus didapatkan dari suplemen, tetapi juga bisa dari sayuran. Tidak ada ketetapan berapa banyak vitamin D yang harus dicukupi, namun biasanya anak-anak muda membutuhkan 400 – 500 IU setiap hari. Sementara orang dewasa bisa mengonsumsi sekitar 1.000 – 2.000 IU setiap hari. (fmz/bb)