advertisement

5 Fakta Penting Tentang Vitamin C yang Jarang Diketahui

Berikut ini 5 fakta penting tentang vitamin C

judi

FENOMAGZ – Vitamin C adalah salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Vitamin C akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah kerusakan pada tubuh yang diakibatkan oleh lingkungan, membantu menyembuhkan luka, dan melindungi tubuh dari jenis kanker tertentu.

Baca juga: Benarkah Rajin Naik Ranjang Dapat Membuat Kulit Kencang?

Berikut ini 5 fakta penting tentang vitamin C:

Buah yang paling banyak mengandung vitamin C

Bicara tentang vitamin C yang ada di pikiran Anda pastilah buah-buahan sitrus seperti jeruk atau lemon. Padahal sebenarnya masih banyak buah dan sayur yang mengandung lebih banyak vitamin C dibandingkan dengan jeruk dan lemon, antara lain paprika, pepaya, kale, brokoli, dan lainnya.

Segelas jeruk sudah bisa memenuhi kebutuhan vitamin C sehari

Tak perlu bingung untuk memenuhi kebutuhan vitamin C sehari-hari. Penelitian mengungkap bahwa segelas jus jeruk segar mengandung setidaknya 124 mg vitamin C. Jumlah ini sudah melebihi kebutuhan vitamin C orang dewasa dalam sehari. Untuk pria kebutuhan vitamin C sehari adalah 90 mg sementara untuk wanita 75 mg.

Kadar vitamin C turun jika disimpan

Berdasarkan keterangan ahli di University of Maryland Medical Centre, memasak dan menyimpan makanan yang mengandung vitamin C dalam waktu yang lama bisa mengurangi kadar vitamin C di dalamnya. Untuk itu, sangat baik mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C ketika masih segar dan mentah.

Vitamin C mempengaruhi berat badan

Jangan kita vitamin C hanya berkaitan dengan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C juga berpengaruh terhadap berat badan. Penelitian di Arizona State university mengungkap bahwa kekurangan vitamin C pada aliran darah bisa mempengaruhi kemampuan tubuh membakar lemak. Orang yang kebutuhan vitamin C-nya terpenuhi bisa membakar lemak hingga 30 persen lebih banyak dibandingkan mereka yang kekurangan vitamin C.

Melindungi kulit

Tak hanya vitamin E saja yang baik untuk kesehatan kulit. Sebuah penelitian dari Swedia yang diterbitkan dalam jurnal Acta Derm Venerol juga mengungkap bahwa vitamin C juga efektif untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Terutama jika dipadukan dengan vitamin E. (fmz/bb)

Comments
Loading...