Fenomagz
Unleash the Wild Side

5 Jenis Orang yang Perlu Konsultasi Dengan Ahli Gizi

Berikut ini 5 jenis orang yang perlu berkonsultasi dengan ahli gizi

0

FENOMAGZ – Kebanyakan orang menganggap bahwa konsultasi ahli gizi hanya diperlukan ketika ingin berdiet untuk menurunkan berat badan. Tapi ada banyak alasan lainnya untuk menjadwalkan janji temu dengan seorang ahli gizi.

Sebelum itu, ketahui dulu apa bedanya ahli gizi (nutrisionis) dengan ahli diet berlisensi (RD/registered dietitian). Mengetahui beda antar keduanya dapat sangat membantu Anda mendapat penanganan yang lebih efektif serta tepat sasaran sesuai masalah tertentu yang Anda miliki.

Baca juga: 4 Selebrita Yang Memilih Jalani Operasi Kecilkan Payudara

Berikut ini 5 jenis orang yang perlu berkonsultasi dengan ahli gizi:

Punya penyakit kronis

Konsultasi ke ahli gizi terdaftar (RD) adalah terapi tambahan yang baik ketika Anda memiliki penyakit kronis seperti TBC, diabetes, penyakit jantung, gangguan ginjal kronis, hipertensi, gangguan pencernaan kronis, sindrom kelelahan kronis, masalah kesehatan mental (depresi atau stres kronis, misalnya), dan lainnya.

Berkebutuhan khusus

Seorang ahli gizi terdaftar dapat membantu merumuskan pola makan sehat untuk orang-orang yang memiliki gangguan makan (misalnya bulimia, anoreksia, binge eating, kecanduan makanan) atau bagi yang membutuhkan diet khusus sebagai bagian dari perawatan medis, misalnya pada orang dengan autisme, pasien kanker, orang dengan HIV/AIDS (ODHA), atlet yang baru saja pulih dari cedera dan ingin kembali bertanding, dan anak-anak yang mengalami masalah pertumbuhan.

Wanita hamil, merencanakan kehamilan, atau sedang menyusui

Konsultasi ahli gizi dapat membantu memastikan Anda mendapatkan cukup asam folat dan nutrisi penting lainnya sepanjang masa kehamilan untuk mencegah risiko komplikasi kehamilah dan cacat lahir pada anak Anda.

Baca juga:   Tips Rahasia Panjang Umur yang Harus Anda Ketahui

Anda memiliki elergi atau intoleransi makanan tertentu

Jika Anda memiliki masalah pencernaan, seringkali hal itu dapat disebabkan oleh alergi atau sensitivitas gluten akibat penyakit Celiac, inroleransi laktosa, atau jenis ititasi lainnya yang disebabkan oleh makanan yang Anda makan.

Lanjut usia atau perawat lanjut usia

Memasuki usia lanjut, kebanyakan orang akan mulai mengalami mengurangi porsi makannya. Ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari menurunnya fungsi indra penciuman dan perasa, fungsi kognitif otak, dan fungsi saluran pencernaan yang membuat nafsu makan menurun. (fmz/bb)

Comments
Loading...