5 Macam Penyakit yang Dapat Mematikan Gairah Seksual Anda

Berikut ini 5 macam penyakit yang dapat mematikan gairah seksual

Judi

judi

FENOMAGZ – Ada banyak faktor yang dapat mengganggu bahkan bisa menyebabkan gairah seksual Anda menurun. Umumnya, Hal ini lebih dipengaruhi oleh keadaan stres, perubahan hormon, atau adanya masalah dalam hubungan. Namun jika gairah seksual Anda terus turun dalam jangka waktu yang lama atau bahkan jadi hilang, ini mungkin menandakan ada suatu kondisi atau penyakit yang mendasarinya. Lantas, apa saja penyakit yang dapat menyebabkan menghilangkan gairah seksual?

Baca juga: Berikut ini 5 macam penyakit yang dapat mematikan gairah seksual

Berikut ini 5 macam penyakit yang dapat mematikan gairah seksual:

Diabetes

Pada pria, kerusakan jaringan ini berpotensi menyebabkan masalah disfungsi ereksi (baik itu sulit mencapai ereksi atau sulit untuk mempertahankannya) dan sulit orgasme (sulit ejakulasi). Bahkan, 1 dari 3 pria yang terkena diabetes mengalami disfungsi ereksi alias impotensi.

Penyakit jantung

Adanya masalah pada kerja jantung dapat menyebabkan aliran darah ke sekujur tubuh terhambat, termasuk ke area sensitif dan organ intim Anda. Padahal, aliran darah yang optimal diperlukan untuk pria bisa mencapai dan mempertahankan ereksi, dan untuk wanita agar bisa terangsang dan mencapai orgasme. Itu sebabnya penyakit jantung juga berkaitan erat dengan faktor risiko disfungsi ereksi pada pria.

Gangguan saraf

Kerusakan saraf, misalnya akibat neuropati, dapat menyebabkan gairah seksual hilang. Gangguan saraf memang tidak secara langsung berpengaruh pada produksi hormon seks libido, namun bisa menghambat reaksi tubuh untuk merespon stimulasi seksual.

Gairah dan orgasme dikendalikan oleh saraf-saraf yang ada di organ intim (penis, vagina, dan klitoris) dan bagian tubuh sensitif lainnya. Saraf-saraf ini menerima stimulasi seksual dan mengirimkan sinyal rangsangan tersebut ke otak.

Penyakit ginjal

Gagal ginjal kronis dan terapi cuci darah yang Anda lakukan selama pengobatan dapat memengaruhi gairah seksual Anda. Sebab, semua energi yang dimiliki tubuh akan terpusat pada penyakitnya sehingga membuat Anda kelelahan dan tidak bersemangat untuk beraktivitas, bahkan hingga untuk berhubungan seks dengan pasangan.

Penyakit mental

Hal ini pun tidak terbatas hanya pada orang-orang yang mengalami depresi saja, namun juga gangguan jiwa lainnya seperti gangguan kecemasan, gangguan bipolar, kepribadian ambang (borderline personality disorder), bahkan hingga OCD dan PTSD. Beberapa obat terkait gangguan jiwa, seperti antidepresan macam fluoxetine (Prozac), pun dapat menurunkan gairah seks. (fmz/bb)

Comments
Loading...