advertisement

6 Jenis Obat-obatan yang Dapat Menurunkan Kesuburan Pria

Berikut ini 6 jenis obat-obatan yang dapat menurunkan kesuburan pria

judi

FENOMAGZ – Banyak orang yang mungkin akan mempertimbangkan makanan apa yang mereka makan untuk dapat mempertahankan maupun meningkatkan kesuburan. Namun, satu hal yang kadang selalu hampir terlupakan atau mungkin beberapa orang tidak mengetahui dan menyadari adalah obat-obatan. Obat-obatan yang dikonsumsi oleh wanita dan pria yang sedang berencana untuk mempunyai anak juga dapat mempengaruhi kesuburan Anda atau Pasangan Anda.

Baca juga: 10 Faktor Penyebab Jumlah Sperma Menjadi Lemah

Berikut ini 6 jenis obat-obatan yang dapat menurunkan kesuburan pria:

  • Terapi testosteron. Pria yang melakukan terapi penggantian testosteron untuk kadar testosteron yang lebih rendah mungkin tidak akan memproduksi sperma.
  • Steroid. Obat-obatan steroid yang mempengaruhi kesuburan wanita juga mempengaruhi kesuburan pada pria karena dapat menurunkan jumlah sperma pada beberapa pria.
  • Sulfasalazine. Obat ini digunakan untuk mengobati inflamasi atau peradangan, seperti ulcerative colitis dan rheumatoid arthritis. Sulfasalazine juga dapat menurunkan jumlah sperma dan jumlah sperma akan kembali normal setelah pemakaian obat ini dihentikan.
  • Obat antihipertensi. Obat-obatan yang digunakan untuk mengontrol tekanan darah, seperti beta-blocker dan diuretik dapat menyebabkan impotensi (disfungsi ereksi).
  • Obat depresi. Obat antidepresan dapat menyebabkan disfungsi ereksi dan kesulitan dalam ejakulasi.
  • Pengobatan kanker. Sama seperti pada wanita, kemoterapi, terapi radiasi, dan pengobatan kanker lainnya dapat mempengaruhi kesuburan pada pria dengan cara merusak sel sperma atau kemampuan untuk memproduksi sperma. (fmz/bb)
Comments
Loading...